ADVERTISEMENT

Piala AFF: Mari Angkat Topi pada Singapura

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Minggu, 26 Des 2021 00:04 WIB
Faris Ramli of Singapore, foreground, reacts at the final whistle during the AFF Suzuki Cup 2020 semi-final second leg match between Indonesia and Singapore in Singapore, Saturday, Dec. 25, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Timnas Singapura kalah terhormat usai disingkirkan Indonesia di semifinal Piala AFF 2020. (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta -

Singapura memang tersingkir dari Piala AFF 2020 setelah takluk di tangan Indonesia. Meski demikian, Singapura layak pulang dengan kepala tegak!

Singapura mesti mengaku keunggulan Indonesia dengan skor 4-2 (agregat 5-3) pada semifinal leg II di National Stadium, Sabtu (25/12/2021). The Lions menyudahi pertandingan dengan delapan pemain setelah Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, dan kiper Hassan Sunny diacungi kartu merah.

Akan tetapi, Singapura membuat Indonesia sangat kerepotan meskipun bermain dengan kekurangan jumlah pemain sejak akhir babak pertama. Setelah kebobolan gol Ezra Walian, Singapura kehilangan Baharudin di injury time namun justru berhasil mencetak gol penyama yang diceploskan Song Ui-yong.

Setelah restart, Singapura bermain dengan sembilan orang pemain setelah Irfan Fandi diusir wasit karena menjatuhkan Irfan Jaya pada menit ke-67. Kendati begitu, Singapura malah membuat Indonesia tertekan dengan serangan-serangan balik sampai akhirnya berhasil mencetak gol kedua melalui tendangan bebas Shahdan Sulaiman pada tujuh menit kemudian.

Singapura kemudian kemasukan lagi setelah Indonesia mencetak gol keduanya dari kaki Pratama Arhan di empat menit terakhir waktu normal. Singapura nyaris menuliskan kisah heroik setelah dihadiahi penalti di injury time. Sayang sekali, eksekusi Faris Ramli ke sudut kiri bawah gawang bisa ditebak oleh kiper Nardeo Argawinata.

Pertandingan kemudian berlanjut ke babak tambahan waktu, Indonesia akhirnya bisa memanfaatkan keuntungannya untuk kembali memimpin berkat gol bunuh diri Shawal Anuar. Egy Maulana Vikri semakin membuat Indonesia di atas angin setelah mencetak gol keempat timnya.

Sebelum pertandingan berakhir, Singapura kehilangan pemain ketiganya, Hassan Sunny, usai menerjang Irfan Jaya di luar kotak penalti. Sunny sendiri tampil sangat baik setelah berkali-kali menggagalkan sejumlah peluang emas Indonesia. Sebanyak 10 penyelamatan dilakukan kiper berusia 37 tahun itu.

Pada akhirnya, laju Singapura di Piala AFF 2020 telah terhenti. Namun, pasukan Tatsuma Yoshida itu layak mendapatkan apresiasi. Sejumlah warganet tidak segan memuji perjuangan Singapura.

"Permainan yang hebat. Permainan indah dari sepakbola yang nyata. Respek yang sangat besar untuk Singapura. Teritama Hassan 'Neuer' Sunny," cuit seorang warganet @hurumihara_




"9 pemain masih bisa mencetak gol kedua dan hampir menang lewat tendangan penalti. Berakhir dengan delapan pemain. Sebuah permainan yang hebat dari Singapura. Pertandingan paling menghibur sejauh ini," cuit Hajeezar2425.




"Permainan yang hebat... Angkat topi dan respek yang besar untuk Singapura. Selamat kepada Indonesia," timpal @RazorbackSpzl




Simak: 'Indonesia Melenggang ke Final Piala AFF 2020!'

[Gambas:Video 20detik]



(rin/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT