ADVERTISEMENT

PR Timnas Indonesia: Antisipasi Set-Piece!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Minggu, 26 Des 2021 09:20 WIB
Indonesia ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda melaju usai mengalahkan tuan rumah Singapura dengan skor 4-2 di semifinal leg kedua.
Timnas Indonesia masih lemah dalam urusan mengantisipasi set-piece. (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Singapura -

Timnas Indonesia kebobolan dua gol dari situasi bola mati kontra Singapura. Antisipasi set-piece lawan pun menjadi pekerjaan rumah Skuad Garuda.

Indonesia vs Singapura tersaji di leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam WIB di National Stadium. Asnawi Mangkualam dkk menang 4-2 dalam laga yang berakhir hingga 120 menit itu.

Empat gol Indonesia masing-masing dicetak Ezra Walian di menit ke-11, Pratama Arhan (87'), Ehawal Anuar (GBD, 91'), dan Egy Maulana Vikri (105+2'). Singapura membalas lewat gol Song Ui-Young (45+4') dan Shahdan Sulaiman (74').

Ada kesamaan dalam dua gol yang bersarang ke gawang Timnas Indonesia. Ya, kedua gol Singapura itu berawal dari bola set-piece yang gagal dibendung lini belakang Garuda.

Dalam gol pertama Singapura, Shahdan Sulaiman mengirim bola free kick ke kotak penalti. Bola gagal dibuang barisan pertahanan Indonesia dan mengarah ke Song Ui-Young yang langsung menendangnya masuk ke gawang.

Shahdan Sulaiman kembali berperan dalam gol kedua Singapura. Gelandang 33 tahun itu mencetak gol langsung dari tendangan bebas sejauh kurang lebih 15 meter, melewati pagar betis Indonesia dan meluncur ke pojok atas gawang.

Lemahnya Indonesia dalam menghadapi situasi bola mati mendapat sorotan Shin Tae-yong. Pelatih Skuad Garuda itu mengakui timnya kurang fokus ketika lawan mendapat set-piece.

"Karena (Timnas Indonesia) tidak fokus untuk set piece jadi sampai bisa dikatakan pertandingan ini seperti neraka dan ke surga," kata Shin Tae-yong usai laga Indonesia vs Singapura.

"Bagian (antisipasi set-piece) itu harus diperbaiki khususnya para pemain masih muda, kontrol pertandingan sedikit berkurang. Jadi untuk ke depannya harus lebih menunjukkan lagi perkembangan," ucapnya.

Timnas Indonesia masih menunggu lawan di partai final Piala AFF 2020. Vietnam dan Thailand bentrok hari Minggu (26/12) demi tiket ke laga pamungkas.

(bay/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT