Final Piala AFF 2020: Indonesia Vs Thailand

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 26 Des 2021 22:18 WIB
Thailand football player Sirod Chatthong (L) battles with Indonesia football player Hansamu Pranata (R) for the ball during the AFF Suzuki Cup Final between Thailand and Indonesia at Rajamangala Stadium in Bangkok on December 17, 2016. (Photo by LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)
Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand (AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)
Singapura -

Final Piala AFF 2020 akan mempertemukan Indonesia vs Thailand. Siapa bakal jadi pemenang?

Indonesia lebih dulu memastikan lolos ke final Piala AFF setelah menyingkirkan Singapura. Pada leg pertama, Indonesia bermain imbang 1-1 kontra Singapura.

Di leg kedua, Indonesia melalui ujian berat ketika mereka sempat tertinggal 1-2 dari Singapura yang bermain dengan sembilan orang. Indonesia memimpin duluan lewat Ezra Walian pada menit ke-11 sebelum kebobolan gol Song Ui-young dan Shahdan Sulaiman.

Indonesia lantas menyamakan skor lewat Pratama Arhan di menit ke-80 dan memaksa pertandingan lanjut ke perpanjangan waktu. Di babak extra time, gol bunuh diri Swahal Anuar dan Egy Maulana Vikri membuat skor akhir 4-2.

Indonesia menang agregat total 5-3 untuk melaju ke final Piala AFF keenam sepanjang sejarahnya. Di final, Indonesia akan bertemu dengan Thailand yang menyingkirkan juara bertahan Vietnam.

Setelah menang 2-0 di leg pertama, Thailand mampu memaksa leg kedua, Minggu (26/12/2021) malam WIB, berakhir imbang 0-0 di National Stadium.

Thailand tampil di final Piala AFF kesembilannya dan mereka adalah tim dengan gelar terbanyak di turnamen ini, yakni lima kali. Final terakhir Thailand di 2016 usai mengalahkan Indonesia dengan agregat 3-2.

Ini jadi pertemuan keempat Indonesia dengan Thailand, di mana mereka selalu kalah di tiga kesempatan sebelumnya.

Pada final Piala AFF 2020, apakah Indonesia akan meraih gelar juara perdananya atau akan dibuat terluka lagi oleh Thailand?

(mrp/mrp)