ADVERTISEMENT

Menpora: Mari Berdoa Agar Indonesia Juara Piala AFF

Tim Detikcom - Sepakbola
Senin, 27 Des 2021 00:30 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali meminta rakyat Indonesia berdoa agar Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020 (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali senang dengan kelolosan Indonesia ke final Piala AFF 2020. Dia meminta rakyat berdoa agar Skuat Garuda bisa juara.

Indonesia lolos ke final turnamen antarnegara Asia Tenggara itu setelah menyingkirkan Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Setelah berimbang 1-1 pada leg pertama, Indonesia menang 4-2 lewat perpanjangan waktu.

Perjuangan Indonesia memang tidak mudah dan sempat membuat deg-degan masyarakat di Tanah Air, karena tertinggal 1-2 hingga menit ke-80 dari Singapura yang bermain 10 orang.

Tak terkeculi Zainudin Amali yang juga menonton langsung perjuangan Indonesia. Dia pun senang melihat kelolosan Indonesia ke partai puncak.

"Pertandingan semi final piala AFF leg kedua antara Timnas Indonesia vs Singapura mendebarkan. Saya sempat deg-deg an atau khawatir saat posisi kita tertinggal 1-2, padahal kita melawan Singapura yang hanya bermain 9 pemain," kata Amali dalam rilis kepada detikSport.

"Di situ saya melihat semangat Timnas mulai bangkit lagi dan bisa menyamakan kedudukan 2-2," tambahnya.

"Setelah itu Timnas mulai menguasai permainan dan mereka kembali bersemangat saat perpanjangan waktu. Saya sangat mengapresiasi semangat juang pemain kita, walaupun sudah tertinggal tapi mereka tidak kendor."

Indonesia akan menghadapi Thailand pada partai final Piala AFF 2020 di 29 Desember dan 1 Januari. Thailand melaju setelah menyingkirkan juara bertahan Vietnam dengan agregat 2-0.

Ini jadi pertemuan keempat Indonesia dan Thailand di final. Sayangnya, rekor Indonesia buruk karena selalu kalah di tiga edisi sebelumnya, terakhir di 2016.

Amali pun berharap doa masyarakat Indonesia agar Evan Dimas dkk. bisa merengkuh trofi Piala AFF pertama kalinya.

"Sekali lagi saya juga ingin mengapresiasi Pelatih Shin Tae-yong yang menerapkan strategi dengan jitu sehingga Timnas Indonesia bisa masuk ke babak final. Ayo kita dukung Timnas Indonesia dengan doa dari seluruh rakyat Indonesia. Terima kasih atas perjuangan Timnas sudah sampai babak final piala AFF 2020," tuntas Menpora Zainudin Amali.

(mrp/raw)

ADVERTISEMENT