Shin Tae-yong Tegur Asnawi soal Faris Ramli, Out jika Terulang!

ADVERTISEMENT

Shin Tae-yong Tegur Asnawi soal Faris Ramli, Out jika Terulang!

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 27 Des 2021 14:40 WIB
The new Indonesian national football team (PSSI) coach, South Korean Shin Tae-Yong, speaks during a press conference after a contract signing at Pakansari stadium in Cibinong in West Java on December 28, 2019. - Former South Korea coach Shin Tae-yong has been tapped to take over Indonesias struggling national team, the countrys football association said on December 27. (Photo by TJAHYADI ERMAWAN / AFP)
Pelath Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegur keras Asnawi Mangkualam. (Foto: AFP/Tjahyadi Ermawan)
Jakarta -

Shin Tae-yong meminta Asnawi Mangkualam tak pernah melakukan provokasi lagi. Jika dilanggar, ancamannya bisa tidak dipanggil ke Timnas Indonesia lagi.

Asnawi secara kontroversial menghampiri Faris Ramli, yang gagal mengeksekusi tendangan penalti menjelang akhir laga semifinal kedua Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021). Kegagalan pemain Singapura itu sekaligus memupus harapan Singapura untuk melaju ke final.

Andai penalti Ramli jadi gol, Singapura sangat mungkin menyisihkan Indonesia dari Piala AFF dengan skor 3-2. Tapi kegagalannya membuat skor tetap imbang 2-2, yang kemudian berhasil dimenangi Timnas Indonesia 4-2 lewat babak tambahan.

Saking gembiranya, Asnawi diduga mengucapkan ledekan 'thank you' atau terima kasih, ke Faris Ramli. Sambil memegang lawan, Asnawi kemudian dipisahkan oleh rekan Faris Ramli.

"Saya tidak tahu ada aksi itu saat masih di stadion, tapi saya terkejut setelah melihat video tayangan ulang," kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea, Joongang.

"Setelah makan siang, saya menegur Asnawi dan mengatakan, 'jika itu terjadi lagi selama saya masih menjadi pelatih, jangan pernah berharap datang ke timnas'," ujarnya.

Shin Tae-yong adalah sosok yang sangat menjunjung tinggi sikap fair play. Ia sendiri sempat bersitegang dengan bench Singapura karena kecewa pemain lawan merayakan gol di depan bench Timnas Indonesia.

Ia juga tak banyak protes saat Timnas Indonesia dirugikan wasit karena tak menghadiahi penalti buat timnya pada semifinal leg pertama. Pelatih asal Korea lebih memilih menghargai keputusan wasit.

Dengan nilai yang dianutnya itu, ia pun sangat kecewa melihat aksi Asnawi. Pemain Ansan Greeners diminta untuk tak mengulangi lagi tindakan itu di kesempatan selanjutnya.

"Semua pemain di lapangan adalah rekan kerja, betapa hancur perasaannya setelah gagal mencetak gol penalti. Sesuatu yang tidak diterima juga buat pemain merayakan gol di depan bench lawan," ucap Shin Tae-yong.

"Asnawi sudah berjanji ke saya untuk tak melakukannya lagi," kata dia lagi.

Simak juga Video: Thailand Tantang Indonesia di Final Piala AFF 2020

[Gambas:Video 20detik]



(cas/krs)

ADVERTISEMENT