Peran BRI di Balik Kesuksesan Skuad Garuda di Piala AFF 2020

Atta Kharisma - Sepakbola
Senin, 27 Des 2021 21:04 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 kali ini sangatlah luar biasa. Skuad Garuda Indonesia berhasil menapaki partai puncak setelah tidak terkalahkan dalam enam laga berturut-turut.

Skuad asuhan Shin Tae-yong ini berhasil menjuarai grup B Piala AFF 2020 dengan perolehan 10 poin. Hasil tersebut diperoleh Indonesia usai menang atas Kamboja 4-2, mengalahkan Laos 5-1, menahan imbang juara bertahan Vietnam 0-0, dan membantai Malaysia 4-1.

Sepak terjang Indonesia pun berlanjut di leg I semifinal Piala AFF 2020. Menghadapi Singapura, Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang berkat gol dari Ezra Walian, Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, serta satu gol bunuh diri dari pemain Singapura, Shawal Arhan.

Secara total, Timnas Indonesia telah melesatkan 115 tembakan ke arah gawang dari enam pertandingan sejak fase grup Piala AFF 2020. Tercatat sudah ada 10 pemain Indonesia yang berhasil mencetak gol di Piala AFF 2020. Mereka adalah Rachmat Irianto (2 gol), Evan Dimas (2), Ramai Rumakiek, Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya (3), Witan Sulaeman (2), Ezra Walian (2), Pratama Arhan (2), Elkan Baggott, dan Egy Maulana Vikri.

Perjalanan mulus Indonesia di Piala AFF 2020 ini tidak lepas dari peran BRI sebagai sponsor utama Liga 1 Indonesia. Sebab, keberadaan Liga 1 membuat pelatih timnas memiliki ladang untuk menyeleksi calon pemain timnas.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengucapkan terima kasih kepada PSSI dan PT LIB yang memberikan kesempatan bagi BRI untuk menjadi sponsor Liga 1. Menurutnya, kesempatan ini mewujudkan komitmen BRI memberikan makna bagi masyarakat Indonesia.

"Keberadaan BRI pada sore hari ini adalah sebagai title sponsor kompetisi BRI Liga 1 2021/2022. Tak lupa kami sampaikan apresiasi kepada PSSI dan PT LIB yang telah memberikan kesempatan bagi BRI untuk turut memajukan industri sepak bola nasional. Dengan menjadi title sponsor Liga 1, BRI mewujudkan komitmen bahwa keberadaan BRI (untuk) memberikan makna bagi masyarakat Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/12/2021).

Selain itu, Sunarso juga menyebut langkah ini dapat memperkuat brand image BRI di mata masyarakat. Ia menilai BRI Liga 1 sebagai sarana efektif dan efisien untuk mengkomunikasikan layanan dan produk BRI. Sebagai bank yang fokus terhadap UMKM, Sunarso menyampaikan hal ini juga menjadi upaya untuk menggenjot perekonomian nasional.

"Dengan partisipasi BRI mendukung langsung BRI Liga 1 maka akan mendorong kompetisi Liga 1 kembali bergulir sehingga dapat menggerakkan perekonomian nasional, khususnya industri sepak bola nasional. Termasuk UMKM seperti usaha konveksi jersey sepakbola, penjual souvenir, industri sepatu bola dan lainnya kembali bergeliat," katanya.

Melalui dukungan ini, Sunarso berharap BRI dapat mendorong sepak bola Indonesia di kancah internasional. Adanya BRI Liga 1 2021 juga diharapkan dapat menjadi suntikan semangat bagi masyarakat dalam menghadapi pandemi.

"Dengan bergulirnya kembali kompetisi BRI Liga 1 tentu kami harapkan akan mempermudah PSSI memilih timnas sehingga mampu mengangkat prestasi sepak bola Indonesia di kancah global. Jadi kompetisi memang harus digulirkan. BRI melihat sepak bola sebagai olahraga yang paling digemari (masyarakat) dapat menjadi suntikan semangat dan motivasi untuk mengangkat moral bangsa dari kondisi yang menantang ini," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun turut mengapresiasi langkah BRI. Ia pun berharap seluruh rangkaian BRI Liga 1 2021/2022 dapat berjalan dengan lancar.

"Kami ucapkan kepada Bank Rakyat Indonesia yang telah menjadi sponsor. Mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan lancar," tuturnya.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menyampaikan hadirnya BRI Liga 1 2021/2022 diharapkan dapat mendorong pemerintah dalam mengkampanyekan protokol kesehatan dan vaksinasi.

"Kami juga berharap bergulirnya BRI Liga 1 2021-2022 dapat membantu pemerintah kampanye pentingnya prokes yang ketat dan vaksinasi. Mudah-mudahan BRI Liga 1 2021-2022 dapat bergulir dengan lancar tetap menunjukkan persaingan yang ketat, menjunjung tinggi fairplay dan menjadi hiburan yang berkualitas bagi pencinta sepakbola di Indonesia," pungkasnya.

(akn/ega)