ADVERTISEMENT

Piala AFF 2020: Video Lama Jokowi Janjikan Bonus Rp 12 M Viral Lagi!

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 29 Des 2021 15:45 WIB
Egy Maulana Vikri of Indonesia, second right, celebrates with teammates after scoring the fourth goal during the AFF Suzuki Cup 2020 semi-final second leg match between Indonesia and Singapore in Singapore, Saturday, Dec. 25, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Menjelang final Piala AFF 2020, beredar lagi video lama Presiden RI Joko Widodo soal bonus Rp 12 M. (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta -

Video lama Presiden RI Joko Widodo menjanjikan bonus besar kalau Timnas Indonesia bisa menjuarai Piala AFF beredar lagi. Itu wawancara lama pada 2016.

Indonesia melawan Thailand di final Piala AFF 2020. Pertandingan leg I akan berlangsung di National Stadium, Rabu (29/12/2021) pukul 19.30 WIB, leg II berlangsung tiga hari berselang.

Skuad Garuda menjejak ke final dengan mantap. Tim asuhan Shin Tae-yong mencatatkan 4 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Thailand juga bukan lawan yang mudah. Tim Gajah Perang mencatatkan 5 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Di Piala AFF, Indonesia belum pernah juara. Tim Merah-Putih 5 kali menjadi runner-up. Sebanyak 3 kekalahan ditelan oleh Indonesia saat berhadapan dengan Thailand.

Netizen Indonesia sudah membahas mengenai bonus kalau Indonesia mampu menjuarai Piala AFF 2016. Akun TikTok, @yosep, sampai mengunggah kembali pernyataan Jokowi pada 2016, yang menyiapkan bonus uang Rp 12 miliar.

Saat itu, Indonesia juga berhadapan dengan Thailand di final. Indonesia pada akhirnya menjadi runner-up setelah kalah agregrat 2-3.

"Nanti malam antara Timnas Indonesia dan Thailand. Kita semua ingin, rakyat Indonesia ingin, agar nanti tim kita, Indonesia, tarung habis-habisan, kerja mati-matian. Dan kita semua berharap, kitalah yang menjadi pemenang, menjadi juara," kata Jokowi dalam video tahun 2016 yang kini viral lagi tersebut.

"Dan sudah kita siapkan, bonus 12 M untuk pemain, seluruh pemain. Ini untuk menambah semangat para pemain. Mau saya menang, keinginan kita menang, keinginan rakyat menang. Skor itu berapapun ngga apa-apa, yang penting menang."

Timnas Indonesia sendiri saat ini sudah dijanjikan bonus oleh beberapa pihak, berkat kelolosan ke final Piala AFF 2020. Salah satunya bos Arema FC, Gilang Widya Pramana, sudah memberi bonus Rp 500 juta usai Indonesia lolos ke partai puncak.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT