Witthaya Laohakul, Legenda Thailand yang Sebut Indonesia Lawan Enteng

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 29 Des 2021 17:16 WIB
Witthaya Laohakul
Witthaya Laohakul, Legenda Thailand. (Foto: El_Loko für www.thai-fussball.com, CC BY 4.0, via Wikimedia Commons)
Jakarta -

Jelang Indonesia Vs Thailand di final Piala AFF 2020, seorang pemain eks Gajah Perang melempar psy war. Witthaya Laohakul, nama legenda Thailand itu, menyebut Skuad Garuda sebagai lawan yang enteng.

"Melawan Indonesia di final takkan terlalu berat," sebut Witthaya Laohakul dalam wawancara dengan Siamsport.

"Jika para pemain tampil dengan kemampuan yang tepat, terutama pemain kunci seperti Kritsada (Kaman), Theerathon (Bunmathan), Chanathip (Songkrasin), Teerasil (Dangda), mereka akan bisa menang lawan Indonesia bahkan jika hanya mengerahkan 70 persen kemampuannya."

Pernyataan ini ia lontarkan setelah Thailand memastikan lolos ke final Piala AFF 2020 dengan menyingkirkan Vietnam. Saat itu Indonesia sudah lebih dulu memastikan kelolosan dan menunggu di partai puncak.

Pernyatan Witthaya Laohakul itu sendiri ditengarai sarat nuansa psy war karena gelar juara Piala AFF 2020 kini sedang dipertaruhkan. Pada pertengahan tahun ini, jelang Indonesia Vs Thailand di kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, ia justru memberikan penilaian tinggi kepada skuad besutan Shin Tae-yong.

"Saya bisa pastikan melawan Indonesia tidak akan menjadi pertandingan yang mudah," buka Witthaya dalam wawancara saat itu dengan Siamsport.

"Terutama dari sisi lebar lapangan, Indonesia punya pemain yang sangat cepat di sisi sayap. Mereka juga punya skema serangan balik yang bagus," ujarnya, jelang laga yang berakhir 2-2 pada saat itu.

Lantas, siapakah sosok Witthaya Laohakul itu sendiri? Simak di halaman berikutnya.