ADVERTISEMENT

Indonesia Diremehkan! Thailand Diklaim Cuma Perlu 70 Persen Kemampuan

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 29 Des 2021 13:00 WIB
Indonesia, Thailand, Piala AFF 2020
Indonesia Vs Thailand, duel di final Piala AFF 2020. (Foto: Olahan Getty Images)
Jakarta -

Jelang final Piala AFF 2020, kemampuan Indonesia dipandang sebelah mata. Seorang legenda Thailand menyebut pemain Gajah Perang cuma perlu mengerahkan 70 persen kemampuan untuk menang.

Pendapat tersebut dilontarkan oleh Witthaya Laohakul, yang pernah bermain dan kemudian menjadi pelatih dari timnas Thailand. Pendapat itu dilontarkannya setelah Thailand memastikan kelolosan ke final Piala AFF 2020.

Witthaya Laohakul, yang semasa bermain dulu menjadi pesepakbola Thailand pertama yang tampil di klub Eropa klub Bundesliga usai direkrut Hertha Berlin tahun 1979, menilai bahwa ujian terbesar sudah dilewati usai menyisihkan Vietnam.

Dalam wawancara dengan Siam Sports, Laohakul awalnya memang melontarkan ketidakpuasan terhadap performa para pemain Thailand ketika lawan Vietnam. Hal itu pun harus dibenahi ketika lawan Indonesia.

"Di laga lawan Vietnam ini, kelihatannya kami cuma main untuk mengejar hasil. Para pemain memang main dengan semangat dan terlihat lebih tangguh di setiap lini. Tapi di laga ini kami bisa mendapat hasil lebih baik jika semua pemain tampil lebih kompak. Hari ini para pemain seperti punya pemikirannya sendiri-sendiri. Selain itu, pertahanan kami juga tidak mencolok. Hal itulah yang ingin saya lihat lebih baik lagi saat lawan Indonesia."

Di sisi lain, Laohakul juga mengklaim bahwa para pemain Gajah Perang tidak perlu mengerahkan 100 persen kemampuan untuk bisa mengalahkan Indonesia. Ia yakin sekali Thailand keluar jadi pemenang dalam dua partai leg di final Piala AFF 2020 walaupun tampil tidak semaksimal mungkin.

"Melawan Indonesia di final takkan terlalu berat. Jika para pemain tampil dengan kemampuan yang tepat, terutama pemain kunci seperti Kritsada (Kaman), Theerathon (Bunmathan), Chanathip (Songkrasin), Teerasil (Dangda), mereka akan bisa menang lawan Indonesia bahkan jika hanya mengerahkan 70 persen kemampuannya," sebut Witthaya Laohakul.

Indonesia Vs Thailand akan hadir dalam partai leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12) malam WIB. Partai leg kedua dimainkan pada hari Sabtu (1/1) malam WIB.

(krs/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT