Final Piala AFF 2020: Musuh Besar Indonesia adalah Diri Sendiri

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 29 Des 2021 18:04 WIB
Indonesia ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda melaju usai mengalahkan tuan rumah Singapura dengan skor 4-2 di semifinal leg kedua.
Indonesia bertemu Thailand di final Piala AFF 2020. ( Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta -

Pelatih Fakhri Husaini memberikan dukungan kepada Indonesia di final Piala AFF 2020. Dia juga mengingatkan bahwa musuh terbesar adalah diri sendiri, bukan Thailand.

Indonesia ke final setelah mengalahkan Singapura di semifinal dengan agregat 5-3. Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 di leg pertama dan Indonesia menang 4-2 pada pertemuan kedua.

Thailand menjadi lawan Indonesia pada laga puncak dalam duel dua leg di National Stadium, Singapura. Laga pertama digelar Rabu (29/12/2021) malam WIB dan pertandingan kedua di tanggal 1 Januari 2022.

Ini adalah final keenam Indonesia di ajang Piala AFF. Indonesia sebelumnya melangkah ke final pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016 tanpa ada yang berakhir sebagai juara.

"Anak muda, jika kalian mampu mengalahkan "musuh besar" yang saat ini berada 'dalam' tubuhmu, Insya Allah kalian mampu mengalahkan musuh yang berada dihadapanmu," kata mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, di akun Instagram pribadinya.

Dari lima kegagalan Indonesia di final, tiga di antaranya kandas oleh Thailand. Jangan sampai skuad Garuda kembali dibikin menangis untuk keempat kalinya oleh Thailand.

"Thailand tim kuat, tapi bukan tim yang tidak bisa dikalahkan. Hasil laga I final malam ini, akan ditentukan seberapa cerdas para pemain mengelola penggunaan otak dan ototnya, atau menggabungkan keduanya. Selamat berjuang, semoga sukses," tegasnya.

Indonesia lebih subur dari pada Thailand di Piala AFF edisi kali ini dengan 18 gol berbanding 12. Di sisi lain, Thailand sangat solid karena baru kebobolan satu kali dan Indonesia sudah tujuh kali.



(ran/krs)