Dibantai Thailand, Skuad Garuda Diminta Main Lepas di Leg 2 Final AFF

Angga Laraspati - Sepakbola
Kamis, 30 Des 2021 13:12 WIB
Indonesia ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda melaju usai mengalahkan tuan rumah Singapura dengan skor 4-2 di semifinal leg kedua.
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Jakarta -

Indonesia meraih kekalahan telak 0-4 di leg 1 laga puncak Piala AFF 2020 saat menghadapi Thailand. Meski begitu, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta para pemain Tim Nasional Indonesia tidak menyerah.

Menurut LaNyalla, meski berat tetapi peluang Indonesia menjadi juara belum sepenuhnya tertutup. Syaratnya, Indonesia harus meraih kemenangan dengan skor sangat besar pada leg ke II, yang digelar Sabtu (1/1/2022).

"Kita semua tahu Thailand bukan lawan yang mudah untuk dihadapi. Tetapi pemain tidak perlu berkecil hati. Seberat apa pun pertandingan di laga kedua nanti, semangat tidak boleh kendor. Tetap semangat dan main lepas saja," kata LaNyalla dalam keterangan tertulis, Kamis (30/12/2021).

Meski begitu, LaNyalla yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI mengaku tetap bangga terhadap perjuangan Witan Sulaeman dan kolega.

"Tim Indonesia diisi anak-anak muda. Artinya prospek masa depan Tim Nasional kita masih panjang. Kekalahan ini jangan menjadi beban berlebihan, karena kita tetap harus melangkah ke depan," ucapnya.

Pada leg kedua nanti, Senator asal Jawa Timur itu berharap Timnas bermain lepas, tanpa beban dan tetap semangat.

"Tetap berikan penampilan terbaik. Saya yakin masyarakat Indonesia tetap memberikan dukungan," katanya.

Dalam pertandingan leg I, Indonesia dikejutkan dengan gol cepat Thailand yang dicetak Chanatip Songkrasin menit ke-2. Kedudukan 0-1 bertahan hingga babak pertama selesai. Di babak kedua, Thailand menambah keunggulan melalui gol kedua Songkrasin di menit 52, Supachok Sarachat di menit 67, dan Bordin Phala di menit 83.

(akd/ega)