Thailand Vs Indonesia: Ricky Kambuaya Bawa Garuda Memimpin

Randy Prasatya - Sepakbola
Sabtu, 01 Jan 2022 20:20 WIB
Ricky Richardo Kambuaya of Indonesia, second right, jumps for the ball during the AFF Suzuki Cup 2020 final second leg match between Thailand and Indonesia in Singapore, Saturday, Jan. 1, 2022. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Aksi Ricky Kambuaya saat melawan Thailand. (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Singapura -

Timnas Indonesia tampil sip di babak pertama melawan Thailand dalam leg kedua final Piala AFF 2020. Skuad Garuda sejauh ini memimpin 1-0.

Bertanding di National Stadium, Sabtu (1/1/2022) malam WIB, Thailand langsung mengancam. Bordin Phala melakukan penetrasi ke kotak penalti dan dijatuhkan oleh Asnawi Mangkualam, tapi wasit tak menganggap pelanggaran.

Giliran Witan Sulaeman dijatuhkan oleh Kritsada di kotak penalti pada menit kelima. Wasit juga tak menganggap itu sebuah pelanggaran.

Indonesia membuka skor 1-0 di menit ketujuh. Bola tembakan Ricky Kambuaya dari luar kotak penalti gagal ditangkap dengan sempurna oleh Siwarak Tedsungnoen, yang membuat bola meluncur ke dalam gawang.

Thailand coba bereaksi cepat. Sebuah tembakan dari Teerasil Dangda nyaris merobek gawang Indonesia. Nadeo Argawinata masih sangat tangguh untuk menepis bola.

Supachok Sarachat nyaris berhasil menyamakan skor di menit ke-12. Memanfaatkan kemelut dari sepak pojok, Supachok melepaskan tembakan dengan punggung kaki, tapi bola masih membentur mistar.

Thailand kembali mengancam di menit ke-19. Thanawat Suengchitthawon melepaskan tembakan kencang dari luar kotak penalti, yang laju bolanya masih bisa ditepis Nadeo.

Indonesia benar-benar bermain lepas pada laga ini. Anak asuh Shin Tae-yong cukup tenang melakukan umpan-umpan pendek di wilayah Thailand. Hal itu jauh berbeda saat leg pertama.

Terjadi kemelut di kotak penalti Thailand pada menit ke-32 lewat lemparan ke dalam dari Pratama Arhan. Situasi itu gagal dimanfaatkan oleh para pemain Indonesia untuk mencetak gol tambahan.

Indonesia cukup membuat Thailand kerepotan sepanjang babak pertama. Meski gencar menekan, tim Merah-Putih baru bisa unggul 1-0 sampai turun minum.

Susunan Pemain:

Indonesia: Nadeo; Dewangga, Fachruddin, Pratama Arhan, Asnawi; Rumakiek, Irianto, Kambuaya, Witan, Egy, Dedik Setiawan.

Thailand: Siwarak; Sarach, Pawee, Narubadin, Theerathon; Thanawat, Supachok, Kritsada, Chanatip, Bordin; Teerasil.



Simak Video "Holywings Siapkan Hadiah Rp 1 M Buat Timnas Jika Juara AFF 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)