Klarifikasi Elkan Baggott Usai Dilarang Main di Leg Kedua Final Piala AFF

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 02 Jan 2022 01:45 WIB
Pemain yang baru mendapatkan KTP Indonesia ini turut latihan bersama sebelum berangkat ke Turki untuk menjalani TC. Postur tubuhnya tinggi banget lho gaes.
Elkan Baggott tak tahu telah melanggar aturan bubble COVID-19 di Singapura. Foto: Rifkianto Nugroho/Detiksport
Singapore -

Elkan Baggott menjadi salah satu pemain Indonesia yang dilarang tampil di leg kedua final Piala AFF 2020 karena melanggar aturan bubble COVID-19 di Singapura. Ia mengaku tak tahu kalau telah melanggar batas bubble.

Lewat akun media sosialnya, Elkan menjelaskan kronologi yang dialaminya dan ketiga pemain lain yang sama-sama dihukum, yakni Victor Igbonefo, Rizky Ridho, dan Rizky Dwi.

"Saya ingin mengklarifikasi sesuatu kepada para suporter. Kami tak tahu sama sekali kalau telah melanggar aturan. Salah satu ofisial (Timnas Indonesia) bilang kepada kami seperti ini, 'kalian boleh keluar dari hotel untuk mencari udara segar dan membeli kebutuhan dasar di toko 7-Eleven'," buka Elkan, tanpa mengungkap siapa ofisial tersebut.

Tangkapan layar penjelasan Elkan Baggott soal larangan bermain di leg kedua Final Piala AFF 2020.Tangkapan layar penjelasan Elkan Baggott di instagram soal larangan bermain di leg kedua Final Piala AFF 2020. Foto: Dok. Elkan Baggott

"Oleh sebab itu, kami berani untuk meninggalkan hotel, dengan berasumsi kami tak melanggar aturan bubble. Penjelasan yang diberikan kepada media seolah-olah kami berempat yang bersalah, padahal tak seperti itu," jelas Elkan.

PSSI dan pelatih Indonesia Shin Tae-yong sama-sama mempertanyakan hukuman dari pemerintah Singapura tersebut. Apalagi pemberitahuan larangan bermain ini diberikan pada pagi hari sebelum final leg kedua digelar.

Keputusan mendadak ini juga membingungkan karena baru diberikan sekarang, padahal dugaan pelanggaran ini terjadi sejak 15 Desember lalu, menurut Shin Tae-yong. Sejak itu, sejumlah pemain yang dihukum pun masih ada yang bermain, seperti misalnya Elkan dan Rizky Ridho yang turun di final leg pertama pada 29 Desember lalu.

(adp/pur)