ADVERTISEMENT

Menpora Kian Yakin Masa Depan Timnas Cerah di Tangan Shin Tae-yong

Mercy Raya - Sepakbola
Minggu, 02 Jan 2022 13:30 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali menilai masa depan Timnas Indonesia cerah di tangan Shin Tae-yong. (Foto: dok.Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali mengapresiasi hasil kerja keras Timmas Indonesia di Piala AFF 2020. Ia juga optimistis masa depan Timnas bakal lebih baik.

Timnas harus puas menempati peringkat dua setelah gagal meraih kemenangan telak di leg kedua yang berlangsung Sabtu (1/1/2022) malam. Mereka sejatinya mengimbangi Thailand dengan skor 2-2, namun karena leg 1 kalah 0-4, maka Indonesia kalah agregat 2-6 dalam dua laga final.

Meskipun begitu, Menpora asal Gorontalo tersebut tetap memberi pujian atas hasil yang diperoleh Timnas, apalagi mayoritas skuad diisi pemain muda.

"Pemain yang bermain di Piala AFF 2020 ini sebagian besar adalah pemain muda. Dan saya lihat di bawah pelatih Shin Tae-yong mereka memiliki perkembangan yang luar biasa. Jadi saya tetap optimistis terhadap masa depan mereka bersama timnas," kata Menpora Amali dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/1/2022).

Ia bahkan mengapresiasi mentalitas Asnawi Mangkualam dkk yang mengalami banyak kemajuan. "Shin Tae-yong melatih secara komprehensif bukan hanya melatih taktik, strategi tetapi fisik dan mental, kerjasama tim dan sebagainya," urainya.

Hal itu pula yang membuat politikus Golkar ini meyakini Timnas Indonesia di tangan Shin Tae-yong ke depannya bakal lebih baik. Terlebih, tahun depan Indonesia akan mempersiapkan diri menuju Piala Dunia U-20 2021 yang ditunda ke tahun 2023. Tentu hal ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Pilihan dari federasi kami dukung. Alasannya, kita menjadi tuan rumahnya (FIFA U-20) artinya kita bukan hanya harus sukses menjadi penyelenggara tetapi sukses juga dalam prestasi," ujar Menpora Amali.

"Tentu yang berkontrak antara pelatih timnas Shin Tae-yong itu adalah federasi (PSSI) kemudian pemerintah (Kemenpora) memfasilitasi pembiayaannya," tambahnya.

"Kita tahu bahwa Shin Tae-yong adalah pelatih timnas Korea Selatan pada saat Piala Dunia beberapa waktu lalu dan bisa mengalahkan tim Jerman. Kita tahu kekuatan Jerman luar biasa dan saat ini anak-anak kita yang dilatih STY di timnas itu ada banyak perkembangan," ungkap Menpora Amali.

Sementara mantan striker Timnas Indonesia Cristian Gonzales sepakat dengan yang disampaikan oleh Menpora Amali bahwa masa depan pemain Timnas sekarang masih panjang. "Mereka semua pemain muda dan punya masa depan yang paniang. Saya optimis mereka bisa bermain terbaik untuk Indonesia," kata Gonzales.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT