Theeraton Bunmathan yang Bikin Pusing Indonesia

Yanu Arifin - Sepakbola
Minggu, 02 Jan 2022 16:00 WIB
Theerathon Bunmathan of Thailand warms up on the pitch ahead of the AFF Suzuki Cup 2020 final second leg match between Thailand and Indonesia in Singapore, Saturday, Jan. 1, 2022. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Bek kiri Thailand, Theeraton Bunmathan. (Foto: Suhaimi Abdullah/AP)
Singapura -

Leg kedua final Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia menjadi panggung Theeraton Bunmathan. Bek The War Elephants itu sukses bikin pusing skuad Garuda.

Leg kedua final Piala AFF 2020 mempertemukan Thailand vs Indonesia di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). Laga tuntas 2-2.

Sempat tertinggal 0-1 dari Indonesia usai dibobol Ricky Kambuaya, Thailand membalas dua gol lewat gol Adisak Kraisorn dan Sarach Yooyen.

Indonesia kemudian bisa terhindar dari kekalahan. Egy Maulana Vikri mencetak gol, untuk memastikan laga berakhir imbang. Namun, Thailand tetap keluar sebagai juara sebab sudah menang 4-0 pada leg pertama.

Di leg kedua, permainan Indonesia sebenarnya cukup agresif. Namun, ada beberapa bintang Thailand yang juga tampil dalam performa terbaiknya tadi malam, sehingga cukup menyulitkan skuad Garuda.

[Gambas:Opta]

Di antaranya adalah Theeraton Bunmathan. Bek kiri Thailand itu akhirnya turun, setelah sempat absen di leg pertama karena akumulasi kartu.

Turun sejak menit pertama, Theeraton benar-benar menyulitkan Indonesia di sektor kiri. Transisinya cepat, dan begitu sibuk di lapangan.

Opta mencatat, Theeraton membuat 128 sentuhan sepanjang laga, dan membuat 100 operan.

Dalam urusan bertahan, Theeraton membuat 2 intersep dan 5 kali tekel, dengan 9 kali duel dan sekali melanggar. Sementara dalam urusan menyerang, pemain Buriram United itu melepaskan 5 kali crossing dan membuat 3 tembakan ke gawang Indonesia.

Theeraton, yang sudah berusia 31 tahun, kini sudah dua kali menjuarai Piala AFF. Yang pertama diraih pada 2016, di mana Thailand juga mengalahkan Indonesia di final.

(yna/yna)