'We are the Champions', Media Thailand Sambut Kemenangan di Piala AFF 2020

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 02 Jan 2022 07:10 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - JANUARY 01: The Thai team celebrates with the trophy after winning the AFF Suzuki Cup final against Indonesia at the National Stadium on January 01, 2022 in Singapore. Thailand won 6-2 on aggregate. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
Para pemain dan ofisial Thailand merayakan gelar juara Piala AFF 2020. Foto: Getty Images/Yong Teck Lim
Jakarta -

Thailand sukses menjuarai Piala AFF 2020. Media-media lokal Negeri Gajah Putih itu pun menyambut gelar tersebut dengan suka cita.

Thailand berhasil memenangi trofi Piala AFF untuk keenam kalinya pada Sabtu (1/1/2022) usai mengalahkan Indonesia di final dengan agregat 6-2. Kemenangan 4-0 di leg pertama dilanjutkan dengan hasil imbang 2-2 di leg kedua.

Raihan ini sekaligus menjadikan Thailand sebagai negara tersukses sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala AFF yang dimulai sejak 1996. Saingan terdekat mereka adalah Singapura yang sudah menjadi juara sebanyak empat kali.

Meski 'sudah biasa' mendominasi Asia Tenggara, prestasi yang diraih skuad asuhan Alexandre Polking tetap mendapat apresiasi dari dalam negeri. Media-media lokal pun memberitakan dengan penuh semangat.

Harian Bangkok Post dengan bangga menulis judul 'We are the Champions' dalam berita yang mereka buat, yang juga menjadi berita utama di halaman depan situs mereka.

Mereka juga menulis tentang Indonesia yang tetap memberi perlawanan, serta menegaskan status Thailand sebagai pemegang rekor gelar Piala AFF yang belum tersentuh siapapun, malah semakin dipertajam dengan raihan titel keenam.

Timnas ThailandJudul pemberitaan Timnas Thailand yang dimuat di Bangkok Post. Foto: Dok. Bangkok Post

Adapun harian Siamsport menulis 'Thailand juara untuk keenam kalinya!', lengkap dengan foto perayaan juara. Dalam berita yang mereka tulis, dikabarkan pula bahwa Chanathip Songkrasin dkk akan pulang ke Thailand pada Minggu (2/1) siang waktu setempat.

Salah satu media populer lainnya, Thai Rath juga meramaikan berita kemenangan Thailand di Piala AFF 2020. Salah satu tulisan mereka memuat pernyataan Chanathip sebagai kapten tim yang bertekad membawa War Elephants tak cuma jadi 'jago kandang' di Asia Tenggara, namun melebarkan sayap ke jenjang yang lebih tinggi, yakni Asia.

(adp/pur)