Latihan Tira Persikabo di Bali Diwarnai Mati Lampu Stadion

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 05 Jan 2022 11:27 WIB
Tira Persikabo
Latihan resmi Tira Persikabo di Bali gelap-gelapan. (Foto: dok.Tira Persikabo)
Denpasar -

Official training (OT) Tira Persikabo di Bali diwarnai matinya lampu di Stadion Gelora Samudra, Selasa (4/1/2022). Surat komplain pun dilayangkan ke PT Liga Indonesia Baru.

Tira Persikabo akan memainkan laga tunda pekan ke-17 BRI Liga 1 2021 melawan Arema FC, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (5/1/2022). Laga ini seharusnya digelar pada pertengahan Desember lalu, namun ditunda karena agenda Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Dikabarkan sebelumnya, semua laga sisa Liga 1 akan digelar di Bali sampai akhir musim. Tetapi nampaknya infrastruktur di Bali belum siap untuk menggelar Liga 1.

Sebagai informasi, ofisial training adalah latihan yang digelar H-1 sebelum laga. Venue atau lokasi latihannya dipilih oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Tak cuma lokasi latihan, PT LIB juga yang menentukan waktu dalam ofisial training buat masing-masing tim. Pengaturan waktu ini dimaksudkan agar lawan juga mencicipi lapangan yang sama secara bergantian.

"Intinya kami tidak bisa memanfaatkan waktu OT sesuai dengan jam yang diberikan pihak penyelenggara (PT LIB). Jadwal OT kami pukul 19.00 WITA-20.00 WITA," kata Media Officer Tira Persikabo Nandang Permana, di forum wartawan.

"Lampu baru nyala pukul 20.05 WITA saat tim sedang persiapan pulang ke hotel. Saat itu kami sudah persiapan pulang karena lampu baru nyala pukul 20.05 WITA," ujarnya.

Pihak klub sempat berkoordinasi dengan petugas Stadion Samudera. Tapi hal itu tak kunjung terselesaikan dan Tira Persikabo pun berlatih dalam kondisi tanpa penerangan.

Karena terkendala dalam latihan menuju laga, Laskar Padjadjaran kemudian mengajukan komplain. Ofisial training terbilang krusial buat tim karena menjadi pematangan taktik dan persiapan menuju laga.

"Saat bertanya ke petugas stadion, ternyata teknisi genset-nya tidak ada di tempat," tutur Nandang.

Surat Komplain Tira Persikabo ke PT LIB

Sehubungan dengan jadwal official training klub Tira Persikabo Selasa tanggal 4 Januari 2022 pukul 19.00 WITA, di mana pada saat melakukan OT lampu stadion Samudra tidak berfungsi dengan baik (tidak menyala), kami dari tim Tira Persikabo dengan ini menyampaikan komplain, sebagai berikut:

1. Kami menyampaikan protes keras atas ketidaksiapan LIB dalam menyediakan venue OT agar tidak terulang di kemudian hari.

2. Atas kejadian ini kami kecewa dan dirugikan karena tim Tira Persikabo telah kehilangan kesempatan melakukan OT sesuai jadwal yang ditentukan.

(cas/yna)