Liga Indonesia di Luar 5 Besar Asia Tenggara dan Pinta Shin Tae-yong

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 05 Jan 2022 12:34 WIB
Tim Nasional Indonesia berlatih di Lapangan ABC, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Latihan tersebut digelar jelang TC di Turki.
Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia. (Foto: detik.com/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong minta kualitas Liga 1 harus ditingkatkan demi menghasilkan pemain lebih sip. Faktanya, Liga Indonesia memang punya peringkat kompetisi yang bahkan tak masuk lima besar di Asia Tenggara.

Indonesia baru saja menyudahi turnamen Piala AFF 2020 dengan menjadi runner-up usai kalah dari Thailand. Itu adalah predikat runner-up keenam buat Skuad Garuda di ajang yang dulu disebut Piala Tiger tersebut.

Sebaliknya, Thailand berhasil merengkuh gelar juara keenamnya di ajang tersebut. Menurut Shin Tae-yong, itu tak lepas dari rapinya Liga Thailand.

"Thailand jelas adalah tim yang kuat. Thai League itu nomor 1 di antara liga-liga di Asia Tenggara. Tak mudah meningkatkan kualitas timnas Indonesia jika kompetisi domestik tidak mendukung," kata Shin Tae-yong, dikutip dari Yonhap.

"Performa liga dan tempo permainannya harus ditingkatkan," ucap Shin Tae-yong soal perbaikan yang harus dilakukan untuk Liga 1 demi bikin pemain timnas Indonesia lebih oke lagi.

Ucapan Shin Tae-yong memang cukup berdasar jika merunut pada peringkat kompetisi domestik negara-negara di Asia. Peringkat terakhir dirilis AFC per Desember lalu.

Dalam daftar tersebut, kompetisi domestik di Arab Saudi menjadi yang terbaik di antara liga-liga negara Asia lainnya. Kompetisi di Korea dan Jepang kemudian menempati peringkat berikutnya.

Bagaimana dengan negara-negara Asia Tenggara? Seperti dikatakan Shin Tae-yong, Thailand punya kompetisi terbaik di Asia Tenggara. Kompetisi di Negeri Gajah Putih juga menjadi satu-satunya dari Asia Tenggara yang masuk daftar 10 besar kompetisi terbaik di Asia dengan menempati peringkat ke-9.

Vietnam menjadi negara Asia Tenggara berikutnya dengan kompetisi terbaik dengan menempati posisi ke-14 di Asia. Berikutnya secara beruntun ada Filipina (19), Malaysia (20), dan Singapura (24). Sedangkan jika menyertakan Australia, yang gabung AFF pada 2013, Negeri Kanguru ada tepat di atas Singapura di posisi ke-23.

Indonesia ada di bawah negara-negara tetangga di Asia Tenggara itu, alias sudah di luar 5 besar, dengan menempati di posisi ke-26 daftar peringkat kompetisi domestik terbaik negara-negara se-Asia ini.

Peringkat Kompetisi Domestik Negara-negara di Asia (30 besar)

Peringkat Kompetisi AsiaFoto: Dok. AFC.com

(krs/pur)