ADVERTISEMENT

PSSI Serahkan Bonus Rp 2,5 M Piala AFF 2020 ke Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 06 Jan 2022 14:27 WIB
Timnas Indonesia
Timnas Indonesia mendapat bonus dari Piala AFF. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani
Jakarta -

PSSI menyerahkan bonus ke Timnas Indonesia usai kiprah mereka di Piala AFF 2020. Total ada Rp 2,5 miliar yang diberikan dari hadiah turnamen dan bonus pihak ketiga.

Penyerahan bonus dilakukan PSSI saat pembubaran Timnas Indonesia di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (6/1/2022). Bonus itu Rp 1,5 miliar di antaranya berasal dari hadiah buat Timnas Indonesia sebagai runner-up dari penyelenggara Piala AFF.

Bonus dari Piala AFF diberikan secara simbolis oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ke Pelatih Shin Tae-yong dan Asnawi Mangkualam. Tapi bonus itu belum akan cair dalam waktu dekat.

Pelepasan Timnas Indonesia sekaligus menjadi akhir karantina rombongan Timnas Indonesia. Pemerintah memberikan potongan karantina dari 10 hari ke 5 hari karena dianggap menjalani bubble pada ajang Piala AFF di Singapura.

"Hadiah piala AFF seharusnya keluar akhir Januari atau Februari akan cair 100 ribu USD (sekitar Rp 1,4 miliar)," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi saat ditemui wartawan.

"Saya bilang ke ketua (Mochamad Iriawan), saya carikan yang lain dulu. (Bonus yang lain) ini mendahului yang dari AFF. Jadi statusnya yang diberikan (secara simbolis) ke pemain itu dari AFF," ujarnya menambahkan.

Adapun pihak ketiga juga turut membagikan bonus atas kiprah Timnas Indonesia. Ada dari Bos Arema FC Gilang Widya Permana, Manajer Timnas Indonesia Sumardji, hingga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan.

Dari berbagai bonus-bonus di atas, beberapa di antaranya sudah diumumkan saat gelaran Piala AFF masih berlangsung. Misalnya bonus dari Gilang sebesar Rp 500 juta yang diberikan ke PSSI setelah Timnas Indonesia saat memastikan melaju ke final Piala AFF.

"Kalau bonus dari PSSI belum. Masih kami lihat keuangan PSSI. Kan sudah ada Rp 100 juta dari Endri Erawan, Rp 500 juta dari Pak Sumardji yang merupakan arahan pak ketum," tutur Yunus Nusi.

"Kemudian yang dari Gilang Rp 500 juta. Ini banyak mereka dapat. Kalau mereka juara lebih banyak lagi," ucapnya.



Simak Video "Holywings Siapkan Hadiah Rp 1 M Buat Timnas Jika Juara AFF 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT