Asnawi ke Pemain Timnas: Berapapun Tawaran dari Klub Luar Negeri, Ambil!

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 06 Jan 2022 17:08 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - DECEMBER 22: Asnawi Mangkualam Bahar #14 of Indonesia controls the ball against Nur Adam Abdullah #25 of Singapore during the first half of the first leg of their AFF Suzuki Cup semifinal at the National Stadium on December 22, 2021 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
Asnawi Mangkualam mendesak pemain Timnas Indonesia mnerima tawaran dai luar negeri. (Foto: Getty Images/Yong Teck Lim)
Jakarta -

Asnawi Mangkualam mendorong rekan-rekannya di Timnas Indonesia menyusul bermain di luar negeri. Bek kanan itu sudah semusim main di Korea bareng Ansan Greeners.

Berakhirnya gelaran Piala AFF 2020 bisa menjadi ajang para pemain muda Timnas Indonesia melebarkan sayapnya. Kebetulan memang banyak rumor klub-klub luar negeri mengincar pemain Indonesia.

Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga misalnya yang dikabarkan diincar klub-klub Korea hingga Jepang. Sementara Ricky Kambuaya juga sudah menyatakan siap merantau setelah tampil impresif di Piala AFF.

Melihat tren ini, Asnawi berharap rekan-rekannya bisa mengambil kesempatan. Kesuksesannya beradaptasi di Korea bisa menjadi jalan pembuka bahwa pemain Indonesia bisa bersaing di negeri orang.

"Ya itu bagus juga buat Timnas Indonesia, saya harap pemain-pemain yang dapat tawaran jangan menolak," kata Asnawi memberi pesan saat berbincang dengan wartawan, Kamis (6/1/2022).

"Itu kan buat karier mereka, apalagi mereka lebih muda dari saya. Dan saya harap mereka tidak boleh menolak, kalau bisa langsung terima saja berapapun nominalnya," ujarnya menambahkan.

Asnawi saat ini tercatat sebagai pemain Ansan Greeners. Meski terkendala cedera hingga masalah situasi COVID-19, Asnawi mampu mencatat 14 penampilan dan menyumbang 1 assist.

Berkarier di Korea juga bukan tanpa pengorbanan buat Asnawi. Selain harus beradaptasi di negara asing, ia juga merelakan gajinya turun jika dibandingkan saat masih memperkuat PSM Makassar.

"Ya resiko main di luar seperti itu. Kami harus berjuang dulu baru dapat hasil yang baik," ucap pemain berusia 22 tahun itu.

Terkini, Asnawi baru saja diumumkan Ansan Greeners memperpanjang kontrak untuk klub yang bermarkas di Stadion Ansan Wa. Di akun media sosialnya, Asnawi mengaku diperpanjang hingga 2023.

"Ya intinya doakan saja dulu soal saya akan bermain dimana. Lihat saja dalam waktu dekat akan saya mengumumkan juga. Kalau keingin tentu saya tetap mau main di luar negeri, sangat mau," ucap Asnawi yang sempat berkilah soal masa depannya bersama Ansan Greeners.

(cas/krs)