Piala Asia Wanita: Minimnya Pengalaman Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 13 Jan 2022 22:05 WIB
Pemusatan Latihan (TC) timnas wanita di Jakarta masih terus dilakukan sampai keberangkatan. Latihan terus digenjot. Ini foto-fotonya!
Timnas Indonesia Wanita menghadapi lawan-lawan berpengalaman di Piala Asia Wanita 2022. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Timnas Indonesia Wanita bakal ikut Piala Asia Wanita lagi setelah absen selama 3 dekade. Pemain yang terpilih mesti diakui minim pengalaman dibanding tim lain.

Skuad Timnas Wanita berkekuatan 23 pemain sudah dipilih Pelatih Rudy Eka Priyambada untuk Piala Asia Wanita 2022 di India. Semua peserta lain dengan total 12 tim pun sudah menyerahkan skuad finalnya ke AFC.

Konfederasi Sepakbola Asia tersebut telah merilis daftar pemain-pemain dari 12 peserta Piala Asia Wanita. Mayoritas peserta lain punya pemain-pemain yang aktif berkarier di kompetisi profesional.

Sementara Timnas Indonesia Wanita cuma diperkuat empat pemain yang tercantum punya klub. Mereka adalah Shalika Aurelia (Roma Calcio), Sabrina Mutiara (Arema FC), Octavianti Dwi Nurmalita (Persiba), dan Riska Aprilia (PSS Sleman).

Sementara 19 pemain lainnya tercantum tanpa memiliki klub. Hal itu tak terlepas dari absennya kompetisi sepakbola profesional wanita di Indonesia.

PSSI baru satu musim menggelar kompetisi wanita yakni Liga 1 Putri pada 2019 dan belum menggelar lagi hingga saat ini. Kompetisi musim 2020 tak bisa digelar karena situasi pandemi COVID-19.

Tapi, saat sepakbola pria akhirnya digulirkan lagi mulai 2021, kompetisi wanita tetap vakum. Kondisi ini membuat pemain-pemain Indonesia relatif minim pengalaman ditempa di kompetisi dalam menyambut Piala Asia Wanita.

Di Piala Asia Wanita mendatang, Timnas Wanita masuk Grup B bersama Australia, Thailand, dan Filipina. Australia dan Thailand tergolong sebagai lawan berat karena punya pengalaman bermain di Piala Dunia Wanita.

(bersambung: Timnas Wanita hadapi pemain-pemain Liga Inggris)



Simak Video "Sudah Tahu Ada Turnamen Sepak Bola Lumpur? Lihat Nih Aksinya"
[Gambas:Video 20detik]