Dukung Rene Alberts, Legenda Persib Ini Sebut-sebut Klopp

Tim Detikcom - Sepakbola
Minggu, 16 Jan 2022 23:15 WIB
Robert Rene Alberts
Robert Rene Alberts wajib dipertahankan Persib Bandung (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Legenda Persib Bandung Yusuf Bachtiar meminta fans bersabar dengan Robert Rene Alberts. Dia meyakini Rene Alberts bisa seperti Juergen Klopp di Liverpool.

Desakan untuk Rene Alberts mundur makin kencang setelah kekalahan Persib dari Bali United 0-1 tiga hari lalu. Ini jadi kekalahan kedua Persib dari lima pertandingan terakhirnya di BRI Liga 1 2021.

Alhasil, Persib kini tertahan di posisi keempat klasemen dengan 37 poin dari 19 laga, tertinggal tiga angka dari Arema FC di puncak. Kompetisi memang baru memasuki paruh kedua, tapi Bobotoh sepertinya tidak tahan melihat kinerja Rene Alberts tersebut.

Tagar #ReneOut menggema di jagad media sosial seraya meminta manajemen mencopot pelatih asal Belanda tersebut. Meski masih terikat kontrak hingga 2025, Rene Alberts dianggap tidak cukup bagus memimpin Persib.

Ditambah Rene Alberts sudah didukung amunisi kelas satu, termasuk David da Silva dan Bruno Cantanhede yang didatangkan di awal paruh kedua musim. Jika fans meminta Rene Alberts dipecat, maka beda halnya dengan Yusuf Bahtiar sebagai legenda Persib.

Menurut pemain Persib era 80-90an itu, Rene Alberts masih pantas diberikan waktu untuk menangani tim. Sebab, dia baru dua tahun melatih Persib dan diberikan target jangka panjang oleh klub, bukan jangka pendek.

Yusuf mencontohkan Juergen Klopp yang ditunjuk Liverpool sebagai manajer pada Oktober 2015, tapi baru bisa menuai prestasi terbaiknya pada 2020 saat membawa tim itu juara Liga Inggris.

"Menurut saya pribadi, kritik dari para bobotoh belakangan ini bukanlah solusi yang tepat, mengingat semua itu perlu proses, dan kita semua harus percaya pada proses yang tengah dijalankan oleh pelatih dan tim tersebut. Kita semua bisa berkaca dan melihat pada liga sepakbola internasional, khususnya Liga Inggris, Juergen Klopp membutuhkan waktu empat musim untuk memberikan gelar juara bagi Liverpool," ujar Yusuf dalam keterangannya kepada media.

"Saya yakin, manajemen dan juga para fans dari klub sekelas Liverpool pun tentunya telah memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Klopp dan tim. Mereka semua pun percaya pada sebuah proses yang sampai saat ini terus berjalan," sambungnya.

Dan menurut saya, jika melihat keseriusan dari manajemen dan performa Persib Bandung dalam mengarungi Liga 1 2020/2021 ini, saya yakin Persib masih berada di jalur Juara, karena sisa pertandingan di paruh kedua musim masih cukup banyak. Semoga Persib terus berbenah, berlatih keras, dan jaga kekompakan agar dapat memberikan hasil yang positif.

Persib Bandung sejatinya memulai musim dengan baik, ketika mereka sempat tidak terkalahkan di 11 pertandingan awal. Mengganti pelatih bukan solusi karena Persib bakal beradaptasi lagi. Padahal performa buruk juga baru terjadi di delapan laga terakhir, dengan empat kekalahan diderita.

"Jika pergantian pelatih terpaksa dilakukan, hal tersebut tentunya tidak dapat memberikan hasil yang instant dan langsung memberikan gelar juara untuk Persib. Karena pelatih baru pun tetap membutuhkan waktu dan proses, agar dapat mematangkan sebuah strategi dan komposisi tim yang sesuai. Untuk itu, mari kita bersama-sama untuk selalu percaya kepada proses yang saat ini tengah dilakukan di Persib Bandung yang kita cintai ini," tutup Yusuf Bachtiar yang dijuluki si Kancil itu.

(mrp/adp)