Kontroversi Borneo Vs Persib: Benarkah David da Silva Offside?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 19 Jan 2022 18:00 WIB
Persib Bandung
David Da Silva offside atau tidak saat Borneo FC vs Persib Bandung? (Foto: dok.Internet)
Jakarta -

Wasit laga Borneo FC vs Persib Bandung pada lanjutan BRI Liga 1 2021 menjadi sorotan. Serangan balik Maung Bandung gagal lantaran David da Silva dianggap offside.

Laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (18/1/2022), dimenangi Persib dengan skor 1-0. Gol Mohammad Rashid pada menit ke-63 membawa Persib meraih tiga poin.

Di luar itu, Persib sebenarnya berpeluang besar untuk menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-75. Lewat sebuah serangan balik, David da Silva mendapat bola terobosan dari Bruno Cantanhede.

Bruno mengoper bola setelah menerima sapuan Nick Kuipers yang menghalau serangan Borneo. Bola kiriman Bruno masuk ke wilayah Borneo yang sudah kosong ditinggal pemain-pemainnya lantaran bermain dengan garis pertahanan terlalu tinggi.

Sayang asisten wasit mengangkat bendera yang kemudian membuat wasit tengah membuat keputusan offside buat David da Silva. Masalahnya, David da Silva sempat berada di setengah lapangan area bermain Persib.

Mengacu ke Laws of the Games Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), asisten wasit telah melakukan kesalahan fatal dengan memvonis David da Silva dalam keputusan offside.

Lebih parahnya lagi, sang asisten wasit padahal berdiri sejajar dengan garis tengah lapangan yang seharusnya bisa membuatnya membuat keputusan lebih tepat.

"Seorang pemain offside jika: bagian dari kepala, badan, atau kaki berada di wilayah permainan lawan (kecuali garis tengah lapangan) dan/atau bagian kaki, badan, atau kaki berada lebih dekat dengan garis gawang lawan daripada bola dan lawan," tulis Pasal 11.1 Laws of the Game IFAB.

Dalam tayangan ulang terlihat jelas David da Silva masih berada di wilayah setengah lapangan area permainan Persib saat Bruno mengirim umpan terobosan. Keputusan wasit pun mendapat reaksi keras dari pelatih Persib Robert Rene Alberts yang meluapkan emosinya di pinggir lapangan.

Keputusan wasit ini juga mendapat sorotan dari pendukung Persib di media sosial. Tagar Liga 1 sempat menjadi trending di Twitter karena kecewa dengan rentetan kontroversi di kompetisi sepakbola level tertinggi di Indonesia.

Komentator pertandingan ikut kena getahnya. Dua orang yang memandu pertandingan ikut dikritik warganet lantaran setuju dengan keputusan wasit dengan menyebut David da Silva offside.

(cas/krs)