Timor Leste Jalani Karantina dan Sistem Bubble di Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 20 Jan 2022 17:47 WIB
Bendera Timor Leste
Timnas Timor Leste menjalanni karantina. (Foto: ist.)
Jakarta -

Timor Leste wajib menjalani karantina dan menjalankan sistem bubble di Tanah Air. Negara tetangga akan menghadapi Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday.

Saat ini orang asing yang masuk Indonesia diwajibkan menjalani karantina selama 7 hari. Kabarnya Timor Leste sudah tiba di Indonesia dan menjalani karantina di Jakarta.

Selesai karantina, Timor Leste baru terbang ke Bali yang menjadi lokasi uji coba melawan Timnas Indonesia. Meski karantina, Timor Leste tetap bisa berlatih di lapangan karena penerapan sistem bubble.

"Mereka (Timor Leste) sudah mengirimkan semua nama-nama. Paspornya sudah kirim ke imigrasi untuk bisa segera ditindaklanjuti," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Kami juga sudah bersurat ke BNPB juga agar mungkin masa karantinanya (dikurangi) ya. Tapi kami kan tidak bisa mengintervensi pemerintah," ujarnya menambahkan.

Masalah karantina atlet memang tengah menjadi pembahasan akhir-akhir ini. Salah satunya di gelaran MotoGP 2022 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika pada Maret mendatang.

Begitu juga dengan sepakbola yang membuat PSSI kesulitan mencari lawan uji tanding buat menghadapi Timnas Indonesia di tanah air dalam masa pandemi COVID-19. Timor Leste akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia yang memainkan laga uji coba di dalam negeri.

Masalah karantina juga yang membuat belum ada kepastian kapan laga uji coba Timnas Indonesia Vs Timor Leste akan digelar. Semua masih menunggu keputusan pemerintah soal karantina atlet.

Saat ini Menpora tengah melobi pemerintah untuk meringankan atau bahkan meniadakan karantina buat atlet. Jika dikabulkan, laga uji coba Timnas Indonesia melawan Timor Leste bisa segera ditentukan.

"Yang jelas Timor Leste sudah oke. Sehingga mudah-mudahan tanggal 24 kami bergulir yang leg pertamanya dan kedua nya tanggal 27 Februari (Vs Timor Leste)," ucap Iriawan.



Simak Video "Timnas Indonesia Karantina Cuma 5 Hari, Ini Alasan Ketum PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)