Piala Asia Wanita: Timnas Putri Indonesia Dihajar 0-18 Australia

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Jumat, 21 Jan 2022 19:10 WIB
Australias Sam Kerr celebrates after scoring a goal during the AFC Womens Asian Cup 2022 match between Australia and Indonesia in Mumbai, India, Friday, Jan. 21, 2022. (AP Photo/Rajanish Kakade)
Indonesia digelontor 18 gol tanpa balas oleh Australia. (Foto: AP/Rajanish Kakade)
Jakarta -

Tim nasional Putri Indonesia menelan kekalahan supertelak dari Australia di laga pertama Piala Asia Wanita 2022. Tim Garuda Pertiwi dihajar 0-18.

Timnas Putri Indonesia menghadapi Australia di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1/2022) pada partai pertama Grup B Piala Asia Wanita 2022. Tim arahan Rudy Eka Priyambada itu langsung ditekan habis-habisan oleh Australia sejak sepak mula.

Indonesia sudah tertinggal 0-9 di babak pertama. Penyerang timnas Putri Australia yang memperkuat Chelsea, Sam Kerr, sudah bikin quat-trick dengan gol di menit kesembilan, ke-11, 26, dan 36.

Caitlin Foord, Mary Fowler, Hayley Raso, Ellie Carpenter, dan Emily van Egmond mencetak lima gol lainnya buat Australia di periode ini. Indonesia tercatat cuma bisa melepaskan satu tembakan sebelum turun minum, sementara Australia punya 18 percobaan.

Dominasi Australia berlanjut di babak kedua. Timnas Putri bahkan kesulitan untuk sekadar menjauhkan bola dari kotak penalti sendiri.

Ellie Carpenter menambah gol Australia sekaligus bikin gol keduanya di menit ke-54. Samantha Kerr kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-54, membukukan gol kelimanya di laga ini.

Van Egmond kemudian memperlebar keunggulan Australia menjadi 13-0 lewat dua gol menit ke-57 dan 58. Ia pun mencatatkan hat-trick dengan sepasang golnya tersebut.

Kyah Simon ikut mencetak gol di menit ke-67, disusul quat-trick dari Van Egmond dua menit berselang yang membuat skor jadi 15-0. Di sisa waktu, Kyah Simon membuat gol keduanya pada menit ke-71, diikuti Aivi Luik dan Hayley Raso yang juga menjebol gawang timnas Putri Indonesia pada menit ke-78 dan 88.

Indonesia pun kalah 0-18 dan mencatatkan rekor kekalahan terbesar dalam sejarahnya. Australia sementara memimpin Grup B dengan tiga poin dan Indonesia di dasar klasemen.

Selanjutnya timnas Putri Indonesia akan menghadapi Thailand dan menutup fase grup dengan melawan Filipina.

Susunan pemain:

Indonesia: Fani Supriyanto; Vivi Riski, Remini Rumbewas, Diah Lestari, Octavianti Dwi Nurmalita; Pani Tri Oktavianti, Ade Mustikiana, Helsya Maeisyaroh, Viny Silfianus; Zahra Muzdalifah, Baiq Amiatun

Australia: Mackenzie Arnold; Clare Polkinghorne, Steph Catley, Alanna Kennedy, Ellie Carpenter; Clare Wheeler; Emily van Egmond, Hayley Raso, Caitlin Foord, Mary Fowler; Sam Kerr



Simak Video "Liverpool Masih Berpeluang Juara, Klopp: Yang Penting Menang Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/krs)