Cerita Pengusaha Wanita Cilacap yang ingin Selamatkan PSCS

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 22 Jan 2022 23:16 WIB
Pengusaha wanita asal Cilacap Maya Damayanti ingin mengakusisi Klub Liga 2 PSCS
Maya Damayanti, pengusaha wanita CIlacap yang ingin mengakuisisi PSCS (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Mendukung klub asal kota kelahiran wajib hukumnya, tapi tidak dengan pengusaha asal Cilacap Maya Damayanti. Dia punya cita-cita mengakuisisi klub Liga 2 PSCS Cilacap.

PSCS bergabung di Grup C bersama beberapa tim tangguh seperti Persis Solo, Persijap Jepara, PSIM Yogyakarta, Hizbul Wathan, dan PSG Pati FC. Meski secara materi tidak sebagus Persis, PSIM, atau PSG Pati, PSCS terbukti merepotkan.

Dari 10 pertandingan, PSCS mampu meraih empat kemenangan, empat seri, dan cuma dua kali kalah. Dua dari empat kemenangan, didapat atas Persis dan PSG Pati.

Sayang saja, PSCS gagal lolos ke delapan besar karena cuma finis ketiga dengan 16 poin, selisih tiga poin dari PSIM sebagai runner-up grup. Namun, tetap saja perjuangan PSCS diapresiasi oleh fansnya yang sudah lama menanti performa seperti itu.

Tak terkecuali fans spesialnya bernama Maya Damayanti, yang berprofesi sebagai pengusaha tambang. Sayang, karena kesibukannya, Maya baru dua kali menonton pertandingan Hiu Pantai Selatan, yang pertama pada 2019 dan yang kedua saat mengalahkan Persis lalu.

Maya Damayanti saat menonton Persis Solo vs PSCS Cilacap di Liga 2 2021Maya Damayanti saat menonton Persis Solo vs PSCS Cilacap di Liga 2 2021 Foto: Istimewa

Mungkin nama Maya bagi publik sepakbola nasional belum diketahui, tapi bagi suporter PSCS, dia adalah Dewi Penyelamat. Sebab, di saat klub tengah kesulitan keuangan karena kompetisi berhenti karena pandemi COVID-19, dia tetap menyokong dari segi dana meski bukan berstatus pengurus atau pemilik.

Baginya, hal itu dilakukan sebagai bentuk kontribusi kepada kota kelahirannya, bukan karena tujuan apapun, Sebab, kehadiran Maya rupanya sudah membuat fans PSCS senang bukan main.

Sebab, PSCS selama ini dianggap "dikuasai" oleh tangan-tangan yang ingin memanfaatkan klub untuk kepentingan pribadi dan politik.

Pengusaha tambang asal Cilacap Maya Damayanti ingin akuisisi PSCS CilacapPengusaha tambang asal Cilacap Maya Damayanti ingin akuisisi PSCS Cilacap Foto: Istimewa

"Saya tidak ada kepentingan apapun jika kelak diberi kepercayaan untuk mengelola PSCS, yang saya inginkan hanyalah payung hukum dari PSCS jika saya menjadi pengelola," ujar Maya dalam perbincangan dengan detikSport, Sabtu (22/1)

"Jadi saya hanya murni ingin membantu menyelamatkan PSCS agar bisa menjadi klub kebanggaan masyarakat kota Cilacap yang berprestasi di tingkat nasional," sambungnya.