Piala Asia Wanita: Tuan Rumah India Mundur Gegara Merebaknya COVID-19

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 24 Jan 2022 15:25 WIB
NAVI MUMBAI, INDIA - JANUARY 23: The empty pitch is seen after the AFC Womens Asian Cup Group A match between Chinese Taipei and India has been canceled at DY Patil Stadium on January 23, 2022 in Navi Mumbai, India. India fails to name required minimum 13 players for the match due to some COVID-19 cases in the team during the AFC Womens Asian Cup Group A match between Chinese Taipei and India at DY Patil Stadium on January 23, 2022 in Navi Mumbai, India. (Photo by Thananuwat Srirasant/Getty Images)
Foto: (Getty Images/Thananuwat Srirasant)
Jakarta -

India mundur dari gelaran Piala Asia Wanita 2022 lantaran skuadnya terpapar COVID-19. Sang tuan rumah tak punya cukup pemain untuk tampil dalam pertandingan.

Dilaporkan India Express, ada 12 pemain India yang terpapar COVID-19. Kondisi itu membuat India hanya menyisakan 11 pemain yang siap bertanding.

Tetapi regulasi AFC membuat India tak bisa melaksanakan pertandingan melawan Taiwan yang sedianya digelar pada, Minggu (23/1/2022). Sebuah tim setidaknya membutuhkan 13 pemain untuk memainkan laga.

"Sebuah klub/tim yang memiliki kurang dari 13 pemain dan tidak bisa berpartisipasi dalam sebuah pertandingan maka tim tersebut harus bertanggung jawab atas tidak berlangsungnya laga dan dianggap mengundurkan diri dari kompetisi," tulis Pasal 4.1 dalam regulasi Piala Asia Wanita 2022.

India sebagai tuan rumah tergabung di Grup A bersama China, Taiwan, dan Iran. Pada laga pertama India bermain imbang 0-0 dengan Iran.

AFC kemudian membatalkan hasil pertandingan India Vs Iran tersebut. Laga imbang tanpa gol yang diraih kedua tim divonis null and void alias dianggap tak pernah terjadi.

"Semua laga yang dimainkan India dibatalkan berdasarkan regulasi pasal 6.5.5. Untuk menghindari kebingungan, semua poin dan gol di laga-laga (India) tak dihitung ketika menghitung hasil akhir fase grup sesuai dengan pasal 7.3," tulis pernyataan resmi AFC.

"Hasil pertandingan di Grup B dan Grup C antara tim pertama, kedua, dan ketiga melawan tim peringkat keempat tidak akan dihitung," lanjut pernyataan AFC.

Lihat juga video 'Bagi Pratama Arhan, Sepak Bola dan Pendidikan Sangat Penting':

[Gambas:Video 20detik]



(aff/krs)