Indonesia Vs Timor Leste Akhirnya Tanpa Penonton, Ini Kata Shin Tae-yong

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 26 Jan 2022 15:00 WIB
Shin Tae-yong memberikan instruksi di laga Timnas Indonesia U-23 melawan Tira Persikabo di Stadion Madya, Kamis 5 Maret 2021.
Shin Tae-yong sedikit kecewa tak ada penonton di laga Indonesia vs Timor Leste. Foto: Rifkianto Nugroho
Gianyar -

Laga uji coba Indonesia vs Timor Leste sempat direncanakan bisa dihadiri penonton. Namun, hal itu urung terjadi setelah kepastian didapat dalam konferensi jelang laga.

Indonesia vs Timor Leste berlangsung di I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) waktu setempat. Pihak penyelenggara semula membuka penjualan tiket secara online dan kuotanya 25 persen dari kapasitas stadion.

Harga tiket yang dijual di kisaran Rp 75 ribu hingga Rp 250 ribu. Tribune yang dibuka adalah tribune utara, selatan, sayap utara, sayap selatan, timur, selatan difabel area, dan VIP.

Nah, dalam konferensi pers jelang laga di Trans Hotel Seminyak, Bali, Rabu (26/1/2022), pelatih Shin Tae-yong sempat ditanya pewarta terkait kehadiran penonton. Pelatih Timnas Indonesia itu menyambut sangat baik.

"Terkait ini saya sungguh berterima kasih. Situasi pandemi ini ada di seluruh dunia. Liga Indonesia memang belum bisa ada penonton, untuk pertandingan ini bisa meski tidak penuh," kaya Shin Tae-yong.

"Saya sangat senang bisa bersama fans. Terima kasih untuk PSSI dan pemerintah Indonesia telah memberikan izin. Saya berharap Liga Indonesia juga bisa dihadiri penonton agar kualitas meningkat. Saya bakal bekerja maksimal agar tidak memberi rasa frustrasi fans."

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, perwakilan tim media dari PSSI memberikan update bahwa pertandingan tidak bisa dihadiri penonton. Shin Tae-yong langsung memegangi kepala.

"Kami harus patuh dengan protokol yang ada di sini. Kami semua juga sudah melihat ada penonton saat di AFF (2020) Singapura. Di negara saya sendiri juga sudah ada penonton dan liga di Eropa juga," Shin Tae-yong merespons.

"Sebetulnya tidak ada masalah penonton masuk dengan mematuhi protokol. Tetapi, sedikit menyedihkan juga karena baru saja dengar penonton tidak bisa masuk," pria asal Korea Selatan itu menegaskan.

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, juga sedih ternyata tidak ada penonton. Namun, dia meyakinkan pemain harus tetap siap meski tak ada penonton.

"Tentu pertandingan sepakbola lebih seru ada suporter. Mau bagaimana lagi kami harus ikuti protokol kesehatan karena situasi yang tidak memungkinkan. Ada atau tidak ada penonton kamu harus fokus," tegasnya.

(ran/cas)