Bali United: Klub Bola Indonesia Pertama yang Luncurkan NFT

Sui Suadnyana - Sepakbola
Jumat, 28 Jan 2022 02:02 WIB
Bali United
Bali United luncurkan NFT. (Foto: Sui Suadnyana/detikcom)
Gianyar -

PT Bali Bintang Sejahtera atau Bali United meluncurkan projek Non-Fungible Token (NFT). Projek NFT ini bertajuk Bali in Metavers atau Baliverse.

"Nah Baliverse ini adalah NFT project pertama di Indonesia yang didukung sepenuhnya klub sepak bola," kat Chief Product Officer Baliverse Dhika Himawan di Bali United Cafe, Kamis (27/1/2022).

"Jadi klub sepak bola lain di Indonesia belum masuk di dunia NFT. Tapi kalau kalian lihat di luar banyak juga klub sepak bola yang sudah masuk NFT," ungkap Dhika.

Dhika mengatakan, dalam projek NFT ini, Bali United memiliki misi untuk mengembangkan artis atau seniman-seniman di Bali untuk bisa membuat berbagai aset digital.

Saat ini, Bali United berkolaborasi dengan seniman asal Desa/Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali, Dewa Gede Raja Jana Budaya (30) dalam mengembangkan karya Senin NFT. Raka sendiri merupakan fans Bali United.

"Dan untuk artis yang kita akan yang sudah bekerja sama untuk koleksi kita pertama itu ada Raka dana. Sebenarnya Raka dana ini adalah fans Bali United dari awal banget," ungkapnya.

Dalam projek pertama, Bali United merilis sebanyak 8 ribu karya dari Raka Jana. Karya tersebut akan dijual senilai 0,05 ethereum atau kurang lebih Rp 2 juta.

"Untuk harganya jadi kita akan menjual NFT ini seharga 0,05 ethereum. Kalau di-convert ke harga rupiah itu sekitar Rp 2 juta. Dan kita, kan, menjualnya di website kita untuk primary market besok dan lusa, kemudian secondary-nya itu di Opensea," jelas Dhika.

Tak sekadar barang digital, Dhika memastikan bahwa NFT yang diluncurkan juga akan memiliki beberapa kegunaan yang bisa dinikmati oleh para pemiliknya. Menurutnya, Baliverse sudah menyiapkan beberapa rencana dari kegunaan NFT yang diluncurkan.

Adapun berbagai manfaat yang rencananya diberikan kepada pemilik NFT Baliverse yakni berupa VIP lounge di Bali, acara spesial khusus pemilik Baliverse, manfaat khusus untuk fans Bali United hingga tiket liburan ke Bali.

Tak hanya itu, Baliverse juga akan melakukan pengembangan dunia virtual Metavers yang akan dibuat seperti nyata. Para pemilik NFT Baliverse dapat menggunakannya untuk memasuki dunia virtual tersebut dan menikmati berbagai fitur dan pengalaman budaya Bali di dalamnya.



Simak Video "Cegah Pembajakan NFT, OpenSea Luncurkan Tameng Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/rin)