Round-up

Keluh Kesah Shin Tae-yong Usai Indonesia Vs Timor Leste

Tim Detikcom - Sepakbola
Sabtu, 29 Jan 2022 05:00 WIB
Pemain Timnas Indonesia Ronaldo (kiri) dihadang oleh pemain Timnas Timor Leste Orcelio Nobelito dalam pertandingan sepak bola Leg 1 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). Indonesia menang atas Timor Leste dengan skor 4-1. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp.
Permainan Timnas Indonesia bikin Shin Tae-yong marah. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta -

Timnas Indonesia memang mampu menang besar dari Timor Leste. Namun, secara permainan justru skuad Garuda sangat mengecewakan.

Indonesia menghadapi Timor Leste dalam laga uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (27/1/2022) malam WIB. Skuad Garuda tertinggal 0-1 di babak pertama lewat gol Paulo Gali Freitas.

Indonesia kemudian sukses berbalik menang 4-1 lewat gol-gol Kambuaya dan eksekusi penalti Pratama Arhan serta dua bunuh diri pemain Timor Leste. Situasi ini membaik setelah Shin Tae-yong sempat marah-marah dulu.

"Siapapun tadi yang main di babak pertama harus evaluasi diri semuanya. Setelah babak pertama selesai saya sangat tegur keras dan marah kepada pemain," tuturnya.

Pernyataan paling pahit dari Shin Tae-yong setelah laga ini adalah soal keraguannya Indonesia bisa menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Terlebih, Indonesia bisa saja tertinggal dua gol pada babak pertama andai eksekusi penalti pemain Timor Leste tidak ditepis.

Apa yang dikatakan Shin Tae-yong memang tidak ada salahnya. Indonesia juga sampai saat ini belum mampu juara di Piala AFF dan malah menjadi runner-up terbanyak dengan enam kali.

Cara Indonesia bertahan sudah sangat buruk saat Piala AFF akhir bulan lalu. Kecerobohan di pertahanan kembali dipertontonkan melawan Timor Leste.

"Saya berpikir performa babak pertama harus evaluasi dengan baik, dengan performa seperti ini tim tidak akan menjadi kuat di Asia Tenggara," tutur Shin Tae-yong.

"Bukan hanya saya saja, tapi semua pemain harus evaluasi diri. Saya akan berusaha lebih agar tidak jadi kedua kalinya di laga selanjutnya," ucapnya.

Sebagaian besar pemain di laga melawan Timor Leste sempat banyak mendapatkan sanjungan dari rakyat Indonesia karena menjadi runner-up Piala AFF 2020. Sempat ada kecemasan mereka merasa puas setelah itu, terlebih namanya melambung tinggi.

Rasa puas harus bisa dibuang jauh-jauh oleh skuad Garuda. Indonesia saat ini belum pernah memenangkan apapun di level senior dan perjalanan masih sangat panjang.

Seperti apa yang ditegaskan Shin Tae-yong, ini waktunya untuk evaluasi diri!



Simak Video "Shin Tae-yong Bantu Pemain Indonesia Agar Bisa Direkrut Klub Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/adp)