ADVERTISEMENT

Peringatan Keras Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia!

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 28 Jan 2022 16:20 WIB
Indonesia head coach, Shin Tae Yong reacts at the touchline during the AFF Suzuki Cup 2020 final first leg soccer match between Indonesia and Thailand in Singapore, Wednesday, Dec. 29, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Jakarta -

Shin Tae-yong sangat kecewa dengan penampilan Timnas Indonesia saat melawan Timor Leste. Menurutnya, Garuda akan kesulitan menjadi tim kuat di level Asia Tenggara.

Timnas Indonesia sebenarnya menang besar dengan skor 4-1 pada laga jeda internasional atau FIFA Matchday. Laga ini digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022).

"Memang dari sisi skor menang 4-1, tapi sangat-sangat mengecewakan untuk pertandingan ini. Saya dan pemain harus evaluasi diri," kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan seusai laga.

"Saya akan berusaha lebih ada perkembangan yang baik, mungkin harus meningkatkan mental pemain," ujarnya menambahkan.

Banner Indonesia Vs Timor Leste

Kemenangan Timnas Indonesia diraih dengan susah payah dan tak terlepas dari keberuntungan. Timnas Indonesia tertinggal 0-1 dari Timor Leste pada babak pertama karena dibobol Paulo Gali pada menit ke-35.

Malahan Timor Leste nyaris menggandakan keunggulan lewat titik putih pada akhir babak pertama. Untungnya tendangan Mouzinho berhasil diantisipasi kiper Syahrul Trisna.

Sementara Timnas Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-65 lewat gol Ricky Kambuaya. Timnas Indonesia kemudian menambah tiga gol lagi lewat Pratama Arhan dan dua gol bunuh diri Timor Leste yakni Mendonca serta Filomino.

Di pinggir lapangan, Shin Tae-yong nampak kecewa berat dengan penampilan anak-anak asuhnya. Ia kerap marah-marah memberikan instruksi ke Evan Dimas Cs.

Ia kecewa Timnas Indonesia kesulitan menghadapi Timor Leste yang notabene bukan tim kuat. Pelatih asal Korea khawatir Garuda makin sulit bersaing di level Asia Tenggara.

"Saya berpikir performa babak pertama harus evaluasi dengan baik, dengan performa seperti ini tim tidak akan menjadi kuat di Asia Tenggara," tutur Shin Tae-yong.

"Bukan hanya saya saja, tapi semua pemain harus evaluasi diri. Saya akan berusaha lebih agar tidak jadi kedua kalinya di laga selanjutnya," ucapnya.

Selanjutnya, Timnas Indonesia bakal memainkan laga keduanya melawan Timor Leste, Minggu (30/1). Laga kedua tetap akan dimainkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT