Bima Sakti dan Markus Horison Bantu Shin Tae-yong di Timnas U-23

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 08 Feb 2022 17:00 WIB
Bima Sakti adalah pelatih timnas Indonesia
Bima Sakti membantu Shin tae-yongdi Timnas Indonesia U-23. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Tim pelatih Timnas Indonesia U-23 mendapatkan bantuan tenaga tambahan. Bima Sakti dan Markus Horison ikut membantu persiapan menuju Piala AFF U-23 2022.

Bima Sakti adalah pelatih Timnas Indonesia U-16, sementara Markus Horison adalah asistennya. Keduanya sudah ikut memimpin latihan Timnas U-23 di Stadion Gelora Samudra, Bali, Senin (7/2/2022).

Baik Bima Sakti dan Markus Harison belum banyak terlibat karena latihan pun belum maksimal. Timnas U-23 baru saja latihan lagi setelah dua hari libur karena baru menjalani vaksinasi ketiga (booster).

Selain itu beberapa pemain juga sempat bertanding bersama klubnya masing-masing di BRI Liga 1 2021. Kondisi itu pun membuat beberapa pemain masih absen pada latihan Timnas U-23, Senin (7/2).

"Latihan kali ini langsung dipimpin pelatih Shin Tae-yong. Selain para asisten Shin Tae-yong, hadir juga staf kepelatihan timnas U-16, yakni pelatih Bima Sakti dan sang asisten Markus Horison," tulis PSSI.

"Shin Tae-yong mengatakan, persiapan berjalan baik meski ada beberapa kendala. Pasalnya, para pemain Timnas Indonesia U-23 belum lengkap sehabis membela klubnya masing-masing di BRI Liga 1," lanjut pernyataan PSSI.

Bagi Bima Sakti ini bukan kali pertama ia dipanggil untuk membantu Shin Tae-yong. Eks pemain Persema Malang itu juga pernah diminta membantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sebelum Piala AFF 2020.

Bima sakti juga pernah menangani Timnas U-19 di Turki. Timnas U-19 dipercayakan sementara ke Bima Sakti lantaran Timnas Indonesia senior menjalani TC bersama di Turki.

Sementara itu, Shin Tae-yong masih belum memberikan latihan berat bagi Timnas Indonesia U-23. Sebab, beberapa pemain masih dalam kondisi kelelahan setelah kembali dari klubnya masing-masing.

"Latihan kali ini banyak pemain yang baru gabung karena baru bertanding di BRI Liga 1. Jadi sebagian conditioning training dan sebagian latihan dasar saja seperti passing," tutur Shin Tae-yong.

"Jujur, saya belum tahu soal kondisi pemain. Sebagian baru bergabung jadi belum lengkap. Mereka baru pulang dari klub. Jadi latihan pemulihan saja," ucap pelatih asal Korea.

(cas/krs)