PSSI Perkenalkan Lisensi Klub ke 3 Tim Promosi BRI Liga 1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 08 Mar 2022 15:51 WIB
Rans Cilegon FC promosi ke Liga 1 2022 setelah menang atas PSIM Yogyakarta pada laga semifinal Liga 2 2021. Klub milik Raffi Ahmad itu menang dengan skor 3-0.
PSSI mengenalkan lisensi ke klub promosi Liga 1. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PSSI melakukan kunjungan ke tiga klub promosi BRI Liga 1 yakni Persis Solo, Rans Cilegon United FC dan Dewa United FC. Ketiganya diperkenalkan club licensing.

Federasi punya Club Licensing Department (CLD) yang menangani lisensi klub. CLD ini merupakan mandat dari AFC kepada PSSI untuk menyelenggarakan verifikasi status profesional sebuah klub sesuai standar AFC.

Setiap tahunnya CLD menggelar verifikasi buat klub-klub Liga 1. Selain bukti profesional, lisensi sebagai klub profesional standar AFC juga syarat utama bagi klub untuk main di Liga Champions Asia atau Piala AFC.

Sejauh ini baru klub-klub Liga 1 saja yang familiar dengan CLD PSSI. Makanya PSSI melakukan pendekatan ke tiga klub yang baru promosi ke Liga 1.

"Saya berharap dengan adanya kunjungan kepada tiga klub promosi yaitu Persis Solo, Rans Cilegon FC dan Dewa United FC sebelum dimulainya proses club licensing akan membantu ketiga tim ini," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis federasi.

"Supaya mereka bersiap melengkapi persyaratan club licensing di musim mendatang, dan kami berterima kasih kepada manajemen mereka yang menyambut kegiatan ini dengan baik," ujarnya menambahkan.

Ada lima aspek yang mesti dipenuhi klub untuk bisa mendapatkan lisensi. Mulai dari aspek Sporting, Infrastructure, Personnel & Administrative, Legal, dan Finance.

PSSI CLD sendiri saat ini masih terus berkomunikasi dengan AFC dan menunggu surat resmi dari AFC terkait dengan musim baru proses lisensi 2022.

"Semoga diskusi dengan Club Licensing Department PSSI ini bisa bermanfaat bagi setiap klub," ucap Yunus Nusi.

(cas/mcy)