PT LIB: Bali United Main di Kapten I Wayan Dipta Tak Langgar Regulasi

ADVERTISEMENT

PT LIB: Bali United Main di Kapten I Wayan Dipta Tak Langgar Regulasi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 30 Mar 2022 20:15 WIB
Akhmad Hadian Lukita
PT Liga Indonesia Baru, lewat Akhmad Hadian Lukita, menegasakan Bali United bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta tak melanggar aturan. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) membantah melanggar regulasi terkait Bali United bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta saat laga pamungkas kompetisi. Tak ada aturan klub dilarang main di kandang.

Bali United akan bermain di kandangnya sendiri saat jumpa Persik Kediri pada pekan ke-34 BRI Liga 1 2021/2022, Kamis (31/3/2022). Hal ini menjadi sorotan karena ada kesepakatan klub tak main di kandangnya sendiri.

Faktanya, tak ada aturan tertulis yang boleh main di kandangnya. Dari penelusuran detikSport, memang tak ada aturan tertulis yang mengatur hal ini.

"Tak ada aturan yang dilanggar. Soal klub tak main di kandangnya itu adalah kesepakatan bersama saat Manager's Meeting sebelum kompetisi digelar," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, kepada wartawan, di Bali, Rabu (30/3).

Liga 1 2021 digelar dengan sistem Series yang digelar di Klaster Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Bali. Untuk menjaga asas fairness, disepakati tak ada klub yang main di kandangnya sendiri.

Misal, Persib Bandung tak pernah ditempatkan di Stadion Si Jalak Harupat saat Liga 1 digelar di Klaster Jawa Barat. Ataupun PSIS Semarang tak bermain di Stadion Moch Soebroto saat kompetisi digelar di Klaster Jawa Tengah.

Sistem Series sempat mendapat kritikan dari klub asal luar Pulau Jawa seperti Persiraja Banda Aceh hingga Borneo FC. Saat itu mereka menilai sistem Seri menguntungkan Tim Pulau Jawa.

Kritikan itu pada akhirnya direspons dengan kebijakan tak ada tuan rumah di Liga 1. Makanya Persib ataupun PSIS selalu ditempatkan main di stadion lain saat kompetisi digelar di wilayah mereka.

"Kami juga sudah meminta persetujuan dari klub-klub Liga 1 lainnya. Memang ada beberapa yang menolak, tapi lebih banyak yang setuju (Bali main di Stadion Kapten I Wayan Dipta)," ujar Lukita.

Selain itu, Bali United juga sudah dipastikan juara Liga 1 sejak pekan ke-33. Jadi laga melawan Persik sudah tak menentukan lagi buat Bali United sehingga akhirnya diberikan kesempatan main di kandangnya sendiri.

(cas/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT