Semusim Yustinus Pae: Bawa Dewa United Promosi & Rasakan Persipura Degradasi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 01 Apr 2022 06:01 WIB
Persipura Jayapura, Yustinus Pae
Yustinus Pae (Kanan) merasakan promosi dan degradasi dalam semusim. (Foto: Muhammad Robbani/detikSport)
Jakarta -

Pesepak bola Persipura Jayapura Yustinus Paew (kiri) berusaha melewati pesepak bola Bhayangkara FC Sani Rizki Fauzi (kanan) saat pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (16/3/2022). Persipura Jayapura mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.Pesepakbola Persipura Jayapura Yustinus Pae (kiri) gagal menyelamatkan timnya dari degradasi. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj. Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF

Yustinus Pae merasakan promosi ke Liga 1 dan terdegradasi ke Liga 2 dalam semusim. Dewa United diantar naik divisi, tapi degradasi bareng Persipura Jayapura.

Pemain senior ini bermain 58 menit saat Persipura Jayapura memainkan laga hidup-mati di laga terakhir BRI Liga 1 2021. Persipura menghadapi Persita Tangerang di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Kamis (31/3/2022).

Persipura berhasil menang 3-0 atas Persita lewat gol-gol yang dicetak Ferinando Pahabol, Yevhen Bokhashvili, dan Ramiro Fergonzi. Tapi kemenangan ini tak cukup karena pesaing Persipura lolos dari degradasi berhasil meraih poin di laga lain.

PSS Sleman menang 2-0 atas Persija Jakarta dan Barito Putera menahan imbang Persib Bandung 1-1. Dua hasil ini membuat Persipura dipastikan terdegradasi ke Liga 2 untuk pertama kalinya di era Liga Indonesia.

Turunnya Persipura ke Liga 2 turut menciptakan fakta menarik buat Yustinus Pae. Ia merasakan promosi dari Liga 2 sekaligus terdegradasi dari Liga 1 dalam satu musim yang sama.

Sebelumnya ia mengantarkan Martapura Dewa United promosi ke Liga 1 pada Desember 2021 lalu. Dewa United promosi setelah meraih posisi ketiga Liga 2.

Setelah kompetisi Liga 2 berakhir, Yustinus Pae balik ke Persipura pada Januari 2022 lalu. Ia sempat minggat dari Persipura karena dicoret Jacksen F. Tiago lantaran masalah indisipliner.

Kembalinya Yustinus Pae ke Persipura tak terlepas dari bergantinya sosok pelatih dari Jacksen ke Angel Alfredo Vera. Pengalaman panjang Yustinus Pae dibutuhkan Vera untuk menyelamatkan Persipura.

Hanya saja Yustinus Pae tak bisa berbuat banyak karena akhirnya Persipura degradasi ke Liga 2. Ia beda nasib dengan Abduh Lestaluhu dan Eky Taufik, yang merasakan juara Liga 2 dan Liga 1 dalam 1 musim yang sama.

"Kalau kami dari pemain, sementara ini memang masih merenungkan hasil yang kami dapat. Tapi mungkin saingan kami (PSS dan Barito) juga meraih hasil baik," kata Yustinus Pae saat memberikan keterangan pers seusai laga soal Persipura terdegradasi.

"Kami belum bisa bicara satu sama lain. Kami masih semacam tidak percaya gitu. Tapi itulah sepakbola," ucap pemain 38 tahun itu.



Simak Video "Dear Suporter Liga 1 dan 2, Luhut Minta Jangan Datang ke Stadion & Nobar"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/adp)