Pemain Timnas U-19 Jalani Ibadah Puasa di Korea, Rindu Masakan Mama

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 12 Apr 2022 09:42 WIB
Timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan di Korea tahun 2022.
Timnas Indonesia U-19 yang sedang menjalani pemusatan latihan di Korea. (Foto: dok. PSSI.org)
Jakarta -

Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-19 menceritakan pengalamannya menjalani ibadah puasa di Korea. Ada yang merindukan masakan mama, sampai menikmati cuaca dingin.

Timnas U-19 sedang berada di Negeri Ginseng sejak 12 Maret untuk menjalani Pemusatan Latihan (TC). Tak cuma berlatih, mereka juga beruji coba dengan beberapa tim lokal dalam rangka persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Para pemain Timnas U-19 harus menjalani bulan Ramadan di Korea karena TC masih akan berlangsung sampai pertengahan April. Pengalaman berbeda jelas dirasakan mayoritas pemain yang lebih banyak menghabiskan waktunya di Indonesia saat Ramadan tiba.

"Yang dirindukan adalah menyantap masakan mama. Ingin sih masakan mama karena di sini makanannya manis-manis, nggak kaya di sana. Kalau di Indonesia kan pedas," kata Subhan Fajri, dalam wawancara bersama tim media PSSI.

"Bedanya karena di Indonesia ada keluarga, di sini nggak ada masakan Mama," ujar Marcel Januar yang merindukan hal serupa.

Tapi berpuasa di negeri orang tak melulu soal rindu kampung halaman. Subhan Fajri menilai ada keuntungan tersendiri yang dirasakannya saat berpuasa di Korea.

Pemain Persiraja Banda Aceh itu menilai ada juga yang membuatnya betah menjalani Ramadan di Negeri Ginseng. Ia merasa berpuasa di sana lebih mudah, ketimbang di Indonesia.

"Nggak terlalu berat sebenarnya karena cuaca di sini dingin, kalau di Indonesia kan panas. Di sini dingin jadi (puasa) agak ringan," tutur Subhan Fajri.

"Sebenarnya ini masalah perbedaan soal cuaca saja. Kalau terasa berat, ya karena memang kami berpuasa sambil latihan," ucapnya.

(krs/raw)