ADVERTISEMENT

Keputusan Futsal Dikirim ke SEA Games, Tunggu Hasil Rapat Esok

Mercy Raya - Sepakbola
Selasa, 12 Apr 2022 20:20 WIB
Timnas Futsal Indonesia
Ilustrasi Timnas Futsal (dok PSSI)
Jakarta -

Keputusan Timnas Futsal Indonesia maju ke SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam masih menjadi tanda tanya. Keputusan final rencananya diambil pada rapat esok oleh tim review.

Seperti diketahui, futsal menjadi cabor yang diperbincangkan dalam sepekan terakhir setelah tim review merekomendasikan timnas futsal putra masuk dalam daftar cabang yang akan dikirim ke multievent terakbar se-ASEAN tersebut.

Padahal dari jumlah yang diumumkan pada Maret lalu disebutkan hanya 31 cabang olahraga saja yang lolos dalam verifikasi tim review, yang terdiri Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), akademisi, dan praktisi.

Sekretaris Jenderal KOI, Ferry Kono, menjelaskan bahwa tim futsal baik putra maupun putri sejatinya sudah masuk rekomendasi tim review sejak awal. Namun, dari hasil rekam jejak dan profil prestasi atlet, hanya masuk dalam proyeksi medali perunggu.

Oleh sebab persyaratan yang dikirim untuk cabor Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) potensi emas, perak dan perunggu, kemudian cabor non DBON potensi emas perak sehingga tim futsal diputuskan tidak masuk dalam 31 cabor yang sudah ditetapkan tim review.

"Tapi tim review bersepakat menunggu hasil Kejuaraan AFF Futsal putra, bila hasilnya masuk final maka mereka akan berangkat dengan potensi meraih perak. Dari situ lah tim review mengundang Federasi Futsal Indonesia (FFI), guna memaparkan sampai tiga kali," kata Ferry dalam sambungan telepon Selasa (12/4/2022).

"Tapi Binpres FFI tetap menyatakan dan menggunakan keputusan resmi FFI untuk memberangkatkan Timnas putri."

Ferry yang merupakan Chef de Mission Indonesia di SEA Games, mengaku heran karena FFI tetap bersikeras untuk mengirim tim putri yang dinilai lebih memiliki peluang medali. Padahal, tim review sendiri menilai tim putra lebih memiliki kans besar meraih prestasi.

"Dari rekam jejak tim futsal putri sebenarnya bagus tetapi profil atlet yang dikasih ke tim review itu mereka punya catatan tersendiri atas nama-nama individu tersebut. Jadi konsentrasi tim review bukan hanya rekam jejak tapi ditanya atletnya siapa. Nah, dilihat si atlet profilnya seperti apa. Dari catatan itu tim putra lebih baik, mereka ada Pelatnas, bertanding di AFF, dan ada liganya juga," Ferry menjelaskan.

Rencananya, tim review sendiri akan kembali melakukan rapat guna menentukan nasib dari tim futsal ke SEA Games 2021.

"Besok (13/4) kami ada rapat dengan Menpora pukul 10.00 WIB. Dalam pertemuan itu akan diputuskan mengenai futsal secara resmi. Setelah itu kami akan sampaikan ke VISCOG (Panitia Penyelenggara SEA Games Vietnam) antara mengirim tim putra atau tidak sama sekali," kata Ferry.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT