Turnamen Pramusim Liga 1 Rencananya Awal Juni

Mercy Raya - Sepakbola
Jumat, 22 Apr 2022 16:30 WIB
Ciro Alves.
Ilustrasi (Foto: Istimewa/PT LIB)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru berencana untuk menggelar turnamen pramusim Liga 1 pada awal Juni mendatang. Kepastian jadwal resmi masih dalam tahap penggodokan.

Informasi itu disampaikan Direktur Utama PT (Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, sekaligus sebagai bentuk respons dari pernyataan Ketua Umum PSSI, Mochamad Irawan, sebelumnya bahwa pihaknya bakal menggelar pramusim sebelum Liga 1 dimulai pada 27 Juli.

"Kebetulan hari ini Raker (Rapat Kerja) di internal LIB. Di sini kami langsung menyusun rencana setelah ada statment dari Pak Ketum (Mochamad Iriawan). Begitu juga kalau ada rencana Pramusim, kan Pak Ketum juga bilang begitu," kata Hadian Lukita saat dihubungi pewarta Jumat (22/4/2022).

"Jadi kami sedang merencanakan kegiatan pramusim kira-kira tanggal berapa. Jangan sampai jadwal yang kami buat bentrok, (karena ada) Piala Dunia, SEA Games, yang jelas kami coba mengajukan. Ini kan tanggal dan segala macamnya dari LIB, nantinya didiskusikan dengan PSSI," dia menjelaskan.

Hadian menambahkan dalam proses menggelar turnamen pramusim, pihaknya juga akan bersurat kepada klub-klub guna membahas jadwal penyelenggaraan.

Lantas bagaimana dengan format dan lokasinya? Soal itu Hadian mengatakan belum bisa membeberkan secara detail karena harus berdiskusi dengan PSSI. Namun, ia berharap bisa digelar dua bulan lagi.

"Ya, Juni. Mudah-mudahan awal Juni," kata Hadian.

"Yang pasti kami akan bersurat ke klub-klub, misalnya tanggal berapa yang pas. Jangan sampai terlalu dekat dengan Liga juga, minimal ada jeda dua minggu (sebelum liga)."

"Saya belum tahu tanggalnya, belum ditetapkan tapi mungkin sebelum itu. Awal minggu depan kami kirim surat ke klub-klub tentang persiapan pramusim," lanjutnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali sebelumnya juga sempat ditanyakan perihal digelarnya kembali turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora.

Sebagai informasi, turnamen pramusim tahun lalu digelar dengan tajuk Piala Menpora. Meskipun sebelum-sebelumnya menggunakan title Piala Presiden.

"Saya enggak tahu PSSI (apakah mau gelar turnamen Piala Menpora) Kan waktu itu menyelamatkan kehausan di tengah padang pasir yang gersang," kata Amali terpisah beberapa waktu lalu.

"Saya tanya waktu di Bali, penutupan Liga 1, katanya mau," lanjut Menpora asal Gorontalo tersebut.

(mcy/aff)