Persija Jawab Isu Marko Simic Tidak Digaji Setahun

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 27 Apr 2022 16:00 WIB
Persija Jakarta memetik kemenangan 4-2 atas Borneo FC di lanjutan Liga 1 2019. Marko Simic menjadi bintang di laga itu dengan empat gol yang dicetak.
Persija Jawab Isu Marko Simic Tidak Digaji Setahun (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Persija Jakarta membantah tak membayar gaji Marko Simic selama setahun. Yang betul, pemain asal Kroasia itu gajinya dipotong saat Liga 1 2020 dihentikan.

Sebagaimana ditulis detikSport sebelumnya, Marko Simic tidak terima dengan pemotongan nilai gaji maksimal 25 persen. Simic mau menerima gaji dengan nilai di atas itu, meski saat itu tak ada kompetisi.

Adapun pembatasan nilai gaji itu merupakan kebijakan yang diambil PSSI untuk melindungi keuangan klub saat kompetisi musim 2020 dihentikan. Hal itu tertuang dalam berbagai Surat Keputusan (SK), salah satunya SKEP69.

"Persija adalah klub yang patuh dan taat hukum. Tidak benar ada pernyataan yang menyebutkan bahwa gaji pemain tidak dibayar selama satu tahun," kata Presiden Persija Mohamad Prapanca, dalam pernyataan resmi klub.

Dijelaskan Prapanca, Marko Simic adalah salah satu pemain yang sepakat dengan kebijakan tersebut. Persija Jakarta pun tetap membayarkan gaji kepada pemainnya saat Liga 1 2020 berhenti, termasuk ke Simic dengan pembatasan jumlah sebagaimana diatur di SK PSSI.

Tapi seiring berjalannya waktu, Simic berubah pikiran dan mulai berontak dengan kebijakan tersebut. Ia kemudian diketahui mulai menagih Persija untuk membayar dalam jumlah lebih di atas 25 persen.

Hal itulah yang membuat terjadinya ketegangan antara Persija dan Simic. Imbasnya Simic mulai tersingkir dari skuad Persija dan cuma bermain 27 kali karena tak dimainkan dalam enam laga terakhir Liga 1 2021.

"Pada dasarnya, Persija Jakarta adalah klub yang selalu mendukung karier pemain. Tidak benar jika Persija berniat membahayakan karier seorang pemain," tutur Prapanca.

"Terlebih lagi pemain tersebut telah berjuang bersama-sama dan meraih banyak prestasi. Sementara itu, Persija akan selalu mengikuti proses yang akan terjadi ke depannya," ucapnya mengakhiri pernyataan.

(aff/cas)