SEA Games: Saddil Dilepas Sabah FC, tapi Ada Syaratnya

ADVERTISEMENT

SEA Games: Saddil Dilepas Sabah FC, tapi Ada Syaratnya

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 28 Apr 2022 21:15 WIB
Saddil Ramdani
Foto: (Instagram/saddilramdanii)
Jakarta -

Sabah FC setuju melepas Saddil Ramdani ke Timnas Indonesia U-23. Tapi Saddil cuma bisa bermain di laga pertama babak grup, semifinal, dan final SEA Games 2021.

Sebelumnya Sabah sempat menolak melepas Saddil Ramdani dengan alasan SEA Games bukan agenda resmi FIFA. Selain itu, agenda itu juga awalnya berbarengan dengan jadwal Liga Super Malaysia.

Pada akhirnya Liga Super Malaysia akan disetop sementara mulai saat gelaran SEA Games mendatang. Malaysian Football League (MFL) selaku operator kompetisi, mengambil keputusan penundaan untuk mendukung kiprah Timnas Malaysia U-23 di SEA Games.

Saddil pun akhirnya bakal dilepas Sabah karena sudah tak ada lagi alasan untuk menahan eks Persela Lamongan itu. Tapi, Saddil tetap tak bisa tampil penuh pada SEA Games mendatang.

"Sang pemain (Saddil) harus kembali ke Kinabalu, Sabah, tanggal 10 Mei karena tim itu akan bermain di FA Cup dan Liga Super Malaysia melawan Penang FC pada 17 Mei," tulis keterangan resmi PSSI.

"Setelah itu, Sabah FC akan kembali melepas Saddil mulai 18 Mei hingga 15 Juni. Itu artinya Saddil akan melewati laga fase Grup A melawan Timor Leste (10/5), Filipina (13/5), dam Myanmar (15/5)," lanjut keterangan PSSI.

Jika tim U-23 Indonesia masuk semifinal, Saddil Ramdani bisa kembali lagi membela tim. Sebab babak semifinal akan digelar pada Kamis 19 Mei. Kemudian perebutan medali emas, perak, dan perunggu akan digelar pada Minggu 22 Mei.

Terlepas dari hal itu, Ketua Umum PSSI sudah cukup bersyukur Saddil bisa membela Timnas U-23. Sebelumnya Iriawan sempat bersurat ke Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) dan Sabah FC.

"Saudaraku, terima kasih atas atensi dan perhatiannya, salam hormat," ucap Iriawan berterima kasih ke Presiden FAM Datuk Haji Hamidin Bin Haji Mohd Amin.

"Terima kasih kepada Presiden Sabah FC Datuk Seri Bung Mokhtar Radin yang telah mengizinkan Saddil untuk memperkuat tim U-23 Indonesia. Sekali lagi terima kasih atas kerja samanya," ujar Iriawan.

(aff/krs)