ADVERTISEMENT

Man City Kerja Sama dengan British School Jakarta, Buka Pelatihan Sepakbola

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 12 Mei 2022 20:15 WIB
Jakarta -

Manchester City membuka pelatihan sepakbola di Indonesia lewat kerja sama dengan British School Jakarta (BSJ). Tim pelatihnya dikirim langsung oleh pihak klub.

Lewat program ini, para peserta yang berminat ikut serta berkesempatan untuk berlatih dengan standar ala Manchester City. Ada banyak kategori usia yang bisa diikuti, mulai dari U-4 hingga U-18.

Siswa-siswi BSJ bisa mengikuti pelatihan ini lewat kurikulum standar yang diterapkan pihak sekolah. Pelatihan dari kurikulum bisa diikuti selama jam pelajaran sekolah.

Sementara yang mau mengasah kemampuannya lebih jauh juga diberikan kesempatan untuk ikut ekstrakurikuler. Khusus pelatihan ekstrakurikuler akan digelar di luar jam sekolah, yang biasanya pada sore hari.

"Salah satu alasan Manchester City bekerja sama dengan BSJ, Premier League di sini terkenal dan Manchester City juga punya banyak pendukung di sini banyak. Kami juga sebenarnya didekat oleh beberapa klub besar di Eropa, dari Premier League sampai La Liga," kata School Principal BSJ, David Butcher, saat memberikan keterangan kerja sama sekolahnya dengan Manchester City, Kamis (12/5/2022).

"Tapi yang membedakan adalah, Manchester City memiliki program edukasi, memiliki pelatih, dan staf. Sehingga apa yang kami lakukan ini berkolaborasi dengan Manchester City," ujarnya menambahkan.

Siswa-siswi berbakat juga punya kesempatan untuk berkompetisi dengan para peserta dari sekolah lain karena kerja sama ini tak cuma di Indonesia. The Citizens juga bermitra dengan berbagai sekolah sekolah-sekolah lain secara global seperti India hingga Australia.

Selain itu bukan tidak mungkin bakat-bakat istimewa bisa dilirik pihak klub, lalu direkrut. BSJ yakin program kerja sama ini akan memberikan banyak manfaat. Apalagi latihan juga didukung dengan fasilitas yang super lengkap, misalnya, BSJ punya enam lapangan sepakbola yang bisa dipakai untuk latihan.

Saat detikSport berkunjung ke BSJ, lapangan latihan utamanya cukup bagus. Menggunakan rumput sintetis, lapangan itu diklaim sudah sesuai dengan standar yang ada.

"Kami memiliki fasilitas mumpuni sehingga membuat mereka (Manchester City) tertarik. Mereka juga datang ke sini untuk memastikan program mereka berjalan dengan baik, sekolah BSJ ini salah satu yang memiliki fasilitas terbaik yang pernah saya singgahi," tutur David Butcher.

"Selain siswa BSJ, sekolah sepakbola (SSB) juga dibuka untuk umum. Ini adalah bentuk kepedulian kami untuk memberikan sesuatu kepada masyarakat Indonesia lewat kerja sama kami dengan Manchester City," ucapnya.

"Kami berharap bisa mengirimkan dua tim laki-laki dan perempuan yang akan ke berlatih di Etihad Stadium untuk bermain game dan melihat pertandingan Premier League," katanya lagi.

(rin/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT