Park Hang-seo Ingatkan Shin Tae-yong: Indonesia Belum Lolos Grup!

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 14 Mei 2022 20:00 WIB
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - DECEMBER 11: Park Hang Seo coach of Vietnam looks on during the AFF Suzuki Cup final first leg match between Malaysia and Vietnam at Bukit Jalil National Stadium on December 11, 2018 in Kuala Lumpur, Malaysia.  (Photo by Stanley Chou/Getty Images)
Park Hang-seo, pelatih timnas Vietnam. Foto: Getty Images/Stanley Chou
Jakarta -

Pelatih Vietnam Park Hang-seo melakukan psywar ke Shin Tae-yong: Timnas Indonesia U-23 belum tentu lolos grup, kok sudah bicara akan bertemu di final SEA Games 2021?

Saat ini Timnas Indonesia U-23 memang belum mendapat kepastian lolos dari fase grup. Meski Garuda Muda punya peluang besar karena menempati peringkat kedua dengan torehan 6 poin, hasil dari tiga kali bertanding.

Timnas U-23 masih harus menghadapi Myanmar pada laga pamungkas, Minggu (15/5/2022), yang akan menentukan nasib kedua tim. Timnas U-23 cuma butuh hasil imbang, sedangkan Myanmar harus menang.

Andai Myanmar yang menang, Timnas U-23 dipastikan gugur dari fase grup. Park Hang-seo meyakini bahwa skenario itu bisa saja terjadi.

"Saya tak tahu apakah Indonesia U-23 akan lolos ke semifinal. Bertemu atau tidak (di final) adalah sesuatu yang normal," kata Park Hang-seo, dikutip dari media Vietnam Thethao247.

"Kami pun masih punya sisa 1 laga, jadi sulit kalau sudah bicara final. Sepertinya Shin Tae-yong masih kecewa karena Timnas U-23 kalah telak di laga pertama. Tapi saya memahaminya, andai kami bertemu lagi maka saya akan siap," ujarnya.

Sebelumnya, Shin Tae-yong sudah berkeyakinan bahwa Timnas U-23 akan jumpa Vietnam di final. Ia percaya diri karena meyakini timnya bisa lolos dari fase grup, kemudian melaju sampai final -- untuk kembali berhadapan dengan Vietnam yang menggilas Garuda Muda 0-3 di partai pertama fase grup.

Pernyataan Shin Tae-yong itu dilontarkan setelah timnya difavoritkan akan melaju ke semifinal. Pelatih Filipina Norman Fegidero memprediksi bahwa Timnas U-23 adalah favorit ke semifinal ketimbang timnya.

Setelah ucapan Norman Fegidero itu, Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Filipina 4-0, Jumat (13/5). Filipina pun tersingkir sehingga membuat Timnas U-23 yang tadinya terancam kini punya peluang besar lolos ke semifinal.

"Dia (Norman Fegidero) memprediksinya dengan tepat. Kami akan maju ke semifinal, sampai ketemu (Vietnam) di final," kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Vietnam Zing News.

(krs/pur)