SEA Games 2021: Shin Tae-yong Sanjung Perjuangan Timnas U-23

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 15 Mei 2022 23:01 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) bersama rekan setimnya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Myanmar dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022).  Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 3-1 dan memastikan Indonesia lolos ke semifinal. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU
Timnas Indonesia U-23 ke semifinal SEA Games 2021. (Foto: ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)
Phu Tho -

Timnas Indonesia U-23 berhasil ke semifinal SEA Games 2021 cabang sepakbola putra. Pelatih Shin Tae-yong menyanjung perjuangan para pemain.

Indonesia berhadapan dengan Myanmar dalam matchday terakhir Grup A di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022) sore WIB. Garuda Muda menang 3-1.

Tiga gol Indonesia ke gawang Myanmar dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan di babak pertama. Myanmar mencetak gol hiburan di paruh kedua lewat Win Naing Tun.

Indonesia sebetulnya cuma butuh hasil imbang untuk bisa mengamankan tiket ke semifinal. Lantaran mampu menang, Shin Tae-yong memuji pemainnya yang kerja keras tak main aman sesuai instruksi.

"Kami sebenarnya hanya butuh hasil seri ketika melawan Myanmar untuk lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup A. Namun, saya tegaskan kepada para pemain, pertandingan seperti ini malah akan makin sulit untuk kami," kata Shin Tae-yong selepas laga.

"Saya mengingatkan kepada para pemain untuk lebih bekerja keras. Para pemain pun mengikuti instruksi dengan baik. Kredit untuk para pemain," sambung sosok asal Korea Selatan itu.

Indonesia harus puas menjadi runner-up lantaran Vietnam mampu menang melawan Timor Leste. Indonesia di posisi kedua Grup A dengan sembilan poin dan Vietnam merebut 10 angka.

"Ketika lawan Filipina, kami melihat pemain mereka mempunyai postur badan tinggi tapi untuk gerakan memutar badan agak terlambat, jadi saya memanfaatkan ruang kosong di belakang, dan itu lah yang membuat kami bisa menang dengan skor besar," Shin Tae-yong menegaskan.

Vietnam dan Indonesia tinggal menunggu lawan dari Grup B, yang sampai saat ini belum ada kepastian siapa juara grupnya. Sejauh ini Malaysia ada di puncak klasemen dengan tujuh poin dan sudah mengantongi tiket ke semifinal.

Thailand ada di posisi kedua dengan enam poin dan masih bisa tersingkir andai kalah di laga terakhir dan Kamboja, yang ada di posisi keempat dengan tiga poin, menang telak melawan Malaysia.

Singapura ada di urutan ketiga dengan lima poin. Mereka sudah dipastikan tersingkir karena tak ada pertandingan fase grup lagi yang dijalani.



Simak Video "Shin Tae-yong Dapat Hadiah Dua Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/nds)