Mereka yang Setia Bersama Persipura di Liga 2

ADVERTISEMENT

Mereka yang Setia Bersama Persipura di Liga 2

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 17 Mei 2022 20:40 WIB
Pesepak bola Persipura Jayapura Ramiro Fergonzi (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persita Obet Choiri (kiri) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Kamis (31/3/2022). Persipura Jayapura menang atas Persita dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Mereka yang Setia Bersama Persipura di Liga 2 (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Jakarta -

Sejumlah pemain Persipura Jayapura memilih bertahan meski mereka cuma akan berlaga di Liga 2. Beberapa di antaranya adalah Ramai Rumakiek hingga Yustinus Pae.

Kekuatan Persipura perlahan-lahan terkikis seiring terdegradasinya mereka ke Liga 2. Banyak pemain yang memilih hijrah ke klub lain demi tetap bertanding di Liga 1.

Mereka yang cabut adalah Ricky Cawor, Rivaldo Todd Ferre, Kevin Rumakiek, Donny Monim, Dede Sulaiman, Fitrul Rustapa, Irsan Lestaluhu, hingga Feri Pahabol. Cabutnya para pemain ini jelas menjadi kehilangan besar buat Persipura.

Persipura Jayapura hanya bisa pasrah terjadi gelombang cabut besar-besaran. Tak banyak yang bisa dilakukan klub untuk menahan mereka yang kontraknya sudah habis dan mau berkarier di klub lain.

"Kami tidak punya hak untuk menahan mereka karena kontrak mereka sudah habis. Kami juga sudah bertemu mereka dan mereka sudah memberitahukan kepada kami kalau mereka ingin bermain di klub Liga 1," kata Manajer Persipura Yan Mandenas dalam pernyataan resminya.

Untungnya sejumlah pemain masih mau bertahan untuk tampil di Liga 2. Harapan Persipura untuk bisa promosi ke Liga 2 pun tidak tertutup-tertutup amat.

Sampai saat ini pemain yang masih terikat kontrak masih mematuhi dan menghormati manajemen bahkan telah menyatakan siap bersama skuad Mutiara Hitam di Liga 2. Mereka adalah Ramai Rumakiek,Brian Fatari, Elisa Yahya Basna, Israel Wamiau, Nelson Alom, Yustinus Pae, Muhammad Tahir, Alfons Migau.

"Kami sudah bertemu mereka dan mereka sudah menyatakan tetap bersama Persipura berjuang di Liga 2. Mereka sangat mematuhi regulasi yang berlaku sesuai dengan kontrak yang disepakati," ujar Yan Mandenas.

Selain itu, Persipura juga akan mengandalkan sejumlah pemain muda berbakat yang akan bergabung dengan Persipura. Proses seleksi pemain akan dilakukan secepatnya sejumlah pemain senior asal Papua yang bermain di Klub Liga 1 maupun Liga 2.

"Banyak talenta muda yang akan bergabung, juga ada beberapa pemain senior seperti Patrich Wanggai, Vendry Mofu, dan Roni Beroperay ingin balik lagi ke Persipura. Kami senang mereka ingin berjuang untuk kembalikan kembali kejayaan Persipura di Liga 1," ucapnya.

Persipura Mencari Pelatih

Persipura Jayapura dipastikan tak dilatih Angel Alfredo Vera di Liga 2. Pelatih asal Argentina itu sudah selesai tugasnya usai menangani tim di BRI Liga 1 2021 dan kini sudah berlabuh di Persita Tangerang.

Hingga saat ini manajemen Persipura belum menentukan sosok pelatih yang akan menangani Persipura musim depan. Pelatih lokal yang sebelumnya masuk radar manajemen seperti Eduard Ivakdalam saat ini sudah menerima tawaran klub liga 2 Persewar Waropen.

"Kami harus mencari pelatih lain karena Eduard Ivakdalam sudah jadi pelatih Persewar. Saat ini kami ingin memantapkan komposisi pemain yang ada sambil berjalan mencari talenta muda lainnya untuk memperkuat komposisi yang ada," tutur Yan Mandenas.

(aff/ran)

ADVERTISEMENT