Asnawi Absen Lawan Thailand, Shin Tae-yong Percaya Rio Fahmi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 18 Mei 2022 17:20 WIB
Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Shin Tae-yong. Foto: dok PSSI
Jakarta -

Ilham Rio Fahmi kemungkinan bakal memperkuat Timnas Indonesia U-23 saat jumpa Thailand. Shin Tae-yong yakin dengan kemampuan pemain muda Persija Jakarta itu.

Timnas U-23 dipastikan tak diperkuat Asnawi Mangkualam saat jumpa Thailand. Adapun laga Timnas U-23 melawan Thailand akan terjadi di semifinal SEA Games 2021, di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022).

Untuk mengisi kekosongan yang ditinggal Asnawi, Rio Fahmi kemungkinan akan mengisi posisi bek kanan lagi. Ia sempat menjadi sorotan pada laga debutnya saat Timnas U-23 jumpa Vietnam di laga pertama SEA Games.

Laga debut Rio Fahmi tak berjalan manis. Ia disebut-sebut sebagai penyebab kekalahan Timnas U-23 dari Vietnam dengan skor 0-3. Begitu Asnawi datang, Shin Tae-yong pun memercayakan posisi bek kanan kepada Asnawi. Tapi kini Asnawi dipastikan tak bisa tampil melawan Thailand karena akumulasi kartu.

"Ilham Rio saat itu menjadi starter saat laga perdana melawan Vietnam meski belum maksimal. Tetapi setelah itu performa dirinya makin naik dengan sebagai pemain pengganti di babak kedua setiap laga " kata Shin Tae-yong, saat memberikan keterangan pers, Rabu (18/5/2022).

Memang Rio Fahmi masih dipercaya selepas laga melawan Vietnam. Bek berusia 20 tahun itu kembali main saat Timnas U-23 jumpa Timor Leste di laga kedua.

Asnawi tak bisa bermain melawan Timor Leste lantaran menjalani pemulihan cedera. Ia baru bermain saat Timnas U-23 melawan Filipina dan Myanmar.

Meski begitu, Shin Tae-yong masih menyimpan rapat-rapat soal siapa yang akan mengisi posisi bek kanan. Ia tak menjamin bahwa Rio Fahmi yang akan menjadi pengisi posisi bek kanan.

"Untuk besok apakah Ilham Rio main atau tidak? Dilihat saja nanti," tutur Shin Tae-yong.

(krs/mrp)