Timnas Indonesia Dipastikan Dapat Perak Futsal SEA Games 2021

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 18 Mei 2022 20:00 WIB
Timnas Futsal Indonesia
Timnas Futsal Indonesia raih medali perak SEA Games 2021 (Dok. PSSI)
Ha Nam -

Timnas Indonesia dipastikan mendapat perak di cabor Futsal SEA Games 2021. Sementara, medali emas akan diperebutkan Vietnam dan Thailand.

Indonesia sudah memainkan laga terakhirnya di cabor futsal putra saat berimbang 1-1 kontra Thailand, Rabu (18/5/2022) siang WIB. Thailand unggul duluan lewat Apiwat Chaemchaeroen di menit ke-23.

Indonesia menyamakan skor berkat gol Ardiansyah Runtuboy. Tambahan satu poin membuat Indonesia sempat berada di puncak klasemen dengan 8 poin dari empat laga, unggul satu angka dari Thailand di posisi kedua dengan tujuh poin dari tiga pertandingan.

Nah, langkah Indonesia untuk merebut medali emas dipastikan gagal karena beberapa jam setelahnya, tuan rumah Vietnam mengalahkan Myanmar dengan skor 4-0 lewat gol-gol Pham Durc Hoa di menit ke-23, Lurong Thai Tuy di menit ke-24, Nguyen Minh Tri di menit ke-24, dan Chau Doan Phat di menit ke-33.

Dengan demikian, Indonesia tidak bisa menambah poin lagi karena sudah bermain empat kali. Sebab, Indonesia kalah selisih gol dibanding Vietnam, +9 berbanding +10 yang berada di posisi kedua dengan tujuh poin dari tiga laga.

Vietnam dan Thailand (+5) yang berada di posisi ketiga akan memperebutkan medali emas, Jumat (20/5/2022) di Ha Nam Gynamsium. Vietnam butuh hasil imbang untuk meraih medali emas.

Sementara, Thailand butuh kemenangan dengan skor berapapun untuk menyalip Indonesia di posisi pertama dan mengunci medali emas.

Hasil imbang menghadapi Vietnam dan Thailand jadi alasan mengapa Indonesia gagal meraih medali emas, meski mereka mengalahkan Myanmar 6-0 dan Malaysia 3-0.

Klasemen Futsal SEA Games 2021Klasemen Futsal SEA Games 2021 Foto: Screenshoot Wikipedia

Medali perak ini menyamai catatan runner-up di Piala AFF Futsal 2022 di Thailand bulan lalu. Sementara jika dibanding SEA Games 2017, jelas lebih baik karena saat itu Indonesia finis posisi keempat di bawah Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

(mrp/nds)