Indonesia Vs Thailand: Garuda Muda Kalah 0-1, Gagal ke Final SEA Games 2021

Afif Farhan - Sepakbola
Kamis, 19 Mei 2022 18:40 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (kanan) terjatuh usai berebut bola dengan sejumlah pesepak bola Timnas Thailand dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Indonesia Vs Thailand: Garuda Muda Kalah 0-1, Gagal ke Final SEA Games 2021 (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Semifinal SEA Games 2021 laga Indonesia U-23 vs Thailand U-23 tuntas. Skuad Garuda Muda takluk 0-1, gagal ke final.

Semifinal SEA Games 2021 laga Indonesia U-23 vs Thailand U-23 berlangsung di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022) sore WIB. Selanjutnya di pukul 19.00 WIB ada laga semifinal lainnya antara Vietnam vs Malaysia.

Thailand melakukan tujuh perubahan di starting line-up. Sedangkan dari kubu Indonesia, Asnawi Mangkualam digantikan Rachmat Irianto karena hukuman akumulasi kartu.

Babak pertama ditutup dengan skor 0-0. Indonesia lebih unggul dalam peluang.

Di babak kedua skor tidak berubah, masih 0-0 sampai peluit panjang berbunyi. Pertandingan lanjut ke babak tambahan 2X15 menit.

Thailand akhirnya bikin gol di menit ke-95 via Weerathep Pomphan. Skor tidak berubah sampai akhir, Thailand berhak melangkah ke final SEA Games 2021 cabang olahraga sepakbola dan berpeluang dapatkan emas.

Jalannya pertandingan

Babak pertama Indonesia vs Thailand dimulai. Timnas Indonesia U-23 coba kuasai penguasaan bola lebih dulu.

Peluang pertama untuk Indonesia! Di menit kedua, Indonesia dapat tendangan bebas dari jarak sekitar 20 meter. Marc Klok jadi eksekutor, sepakannya masih melebar tipis di sisi kanan gawang.

Peluang lagi di menit keenam. Egy Maulana mengejar umpan terobosan dari permainan bola pendek antara Jauhari dan Witan. Sayangnya, umpan tarik Egy masih bisa disapu barisan belakang Thailand dan berujung tendangan sudut.

Timnas Indonesia U-23 bermain dengan rapat sampai menit kesepuluh. Thailand sedikit kesulitan membongkar pertahanan Skuad Garuda Muda yang rapi dalam bertahan dari setengah lapangan.

Di menit ke-12, serangan Indonesia dari sisi kanan cukup merepotkan Thailand. Kombinasi apik Marselino dan Witan, sayangnya belum menghasilkan ancaman.

Di menit ke-13, Thailand akhirnya mampu lepaskan si kulit bundar ke dalam kotak penalti Indonesia. Tapi umpan lambung dari Ekanit masih mudah diamankan kiper Ernando.

Pertandingan sempat memanas di menit ke-15. Ada benturan di tengah lapangan antara Irfan Jauhari dengan Jonathan Khemdee. Itu setelah, Jauhari yang melakukan pelanggaran kepada Chayapipat saat hendak memenangi bola udara. Wasit hanya memberi teguran baik kepada Jauhari dan bek tengah Jonathan Khemdee yang terlihat emosi serta meminta wasit memberi kartu.

Peluang pertama Thailand di menit ke-25. Benjamin menusuk dari depan kotak penalti, sedikit meliak-liuk, dan lepaskan tembakan keras. Ernando masih bisa menepisnya.

Korawich jadi eksekutor tendangan bebas di menit ke-30. Sepakannya masih mengenai pagar betis dan berujung tendangan sudut untuk Thailand.

Peluang emas Indonesia! Di menit ke-38, Egy Maulana Vikri melepas umpan dari situasi free kick. Rizky RIdho menyambutnya, namun sayang masih belum temui sasaran.

Thailand balas mengancam dua menit kemudian. Chayapipat Supunpasuch lakukan percobaan sepakan jarak jauh yang masih off target.

Di menit ke-45, Egy Maulana jadi eksekutor bola mati lagi. Tendangannya ke depan gawang, hanya berujung tendangan sudut setelah bola kena kepala Korawich.

Dari tendangan sudut tersebut. Klok lakukan tembakan langsung ke gawang! Sayangnya masih kena tiang.

(Halaman selanjutnya, jalannya babak kedua hingga babak tambahan)