Dubes RI untuk Portugal Temui Menpora, Bahas Kerjasama Sepakbola

ADVERTISEMENT

Dubes RI untuk Portugal Temui Menpora, Bahas Kerjasama Sepakbola

Tim Detikcom - Sepakbola
Kamis, 26 Mei 2022 00:45 WIB
Menpora Zainudin Amali-Dubes RI di Portugal Rudy Alfonso
Dubes RI di Portugal Rudy Alfonso bertemu Menpora Zainudin Amali (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Duta besar Indonesia di Portugal menyempatkan diri untuk bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Apa yang dibicarakan?

Amali bertemu Rudy Alfonso selaku Dubes RI di Portugal, Rabu (25/5/2022) pagi WIB. Pada pertemuan di Kantor Kemenpora, Senayan tersebut, Amali dan Rudy berbicara soal potensi pengembangan sepakbola di Tanah Air.

Portugal tak dipungkiri adalah salah satu kekuatan besar di sepakbola dunia dengan sederet pemain berkualitas, terutama Cristiano Ronaldo. Sementara, Indonesia adalah negara yang begitu menggilai sepakbola.

Apalagi Portugal dan Indonesia punya keterkaitan sejarah di masa lampau. Belum lagi kini ada orang Indonesia, Dodi Irwan Suparno, pengusaha asal Bogor menjadi pemilik klub divisi dua Liga Portugal Estrela da Amadora.

Sudah pasti kerjasama antara kedua negara bakal makin intens ke depannya, terutama untuk memajukan sepakbola.

"Pak Dubes menyampaikan hal yang sangat bagus dan sangat penting yakni tentang pengembangan sepakbola di Tanah Air. Kita tahu bahwa Portugal itu negara yang punya tradisi sepakbola yang sangat bagus, bahkan pemain-pemainnya juga tersebar dimana-mana, kan dia mirip-mirip Brazil," ujar Amali dalam rilis kepada detikSport.

"Saya berharap kepada pak Dubes manfaatkan kehadiran beliau di sana untuk membuat suasana pembinaan sepakbola di Tanah Air, apa yang bisa dikontrubusikan, itu yang saya minta ke beliau," sambungnya.

Sementara itu, Rudy melaporkan kepada Amali bahwa presiden federasi sepakbola Portugal, Fernando Gomes, sangat terbuka untuk membantu Indonesia dalam pengembangan sepakbola. Bahkan, mereka mengundang PSSI untuk hadir di Portugal.

"Undangan sudah dikirim ke Ketua Umum PSSI, kemarin saya sudah menemui Ketum PSSI. Dan, bulan September Ketua Umum PSSI akan ke Portugal bertemu dengan Fernando Gomes presiden federasi sepakbola Portugal," papar Rudy.

Rudy mengklaim Gomes sangat senang untuk bekerjasama dalam pengembangan sepakbola karena Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa. Tolak ukurnya adalah jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 274 juta jiwa dibandingkan Portugal yang cuma berpenduduk 10 juta jiwa.

"Itu adalah suatu potensi yang besar dan mereka sampaikan juga bahwa mereka saat ini sedang melatih atau membantu Timor Leste untuk meningkatkan sepakbolanya dan mereka menyampaikan bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama itu akan ada kejutan di sana. Dan disampaikan untuk membantu Indonesia jauh lebih mudah daripada membantu Timor Leste, karena resource Indonesia jauh lebih besar dan bakat sepakbola Indonesia jauh lebih banyak."

"Berangkat dari situasi seperti, saya sangat optimistis dan saya juga lebih optimis lagi karena Pak Menpora sangat mendukung upaya ini dan saya akan selalu berkoordinasi untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari keberadaan saya sebagai dubes di Portugal untuk kemajuan sepakbola kita di Tanah Air," pungkasnya.

(mrp/adp)

ADVERTISEMENT