Shin Tae-yong Akhirnya 'Berjodoh' dengan Stefano Lilipaly

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 28 Mei 2022 17:00 WIB
Wingers Bali United Stefano Lilipaly
Shin Tae-yong Akhirnya 'Berjodoh' dengan Stefano Lilipaly (Foto: Dok.Detikcom )
Jakarta -

Shin Tae-yong akhirnya punya kesempatan untuk menyertakan Stefano Lilipaly ke Timnas Indonesia. Sejauh ini keduanya belum pernah bekerja sama.

Dijelaskan Shin Tae-yong, dirinya sudah lama mengagumi Lilipaly. Hanya saja ia belum punya kesempatan untuk merasakan service pemain naturalisasi asal Belanda itu.

"Waktu itu dia (Lilipaly) cedera, jadi dia tidak bisa menunjukkan performa maksimal (bersama Timnas Indonesia)," kata Shin Tae-yong kepada wartawan.

Shin Tae-yong sebenarnya pernah memanggil Stefano Lilipaly ke Timnas Indonesia pada Februari 2020. Saat itu adalah masa-masa awal kepemimpinan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia sejak ditunjuk PSSI pada Desember 2019.

Timnas Indonesia ketika itu sedang bersiap menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tapi Lilipaly sedang tidak fit sehingga harus menjalani latihan terpisah bersama Timnas Indonesia.

Kemudian Shin Tae-yong lebih banyak memanggil pemain muda ke timnya pada kesempatan selanjutnya. Saat Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF digelar, tak ada lagi nama Lilipaly di daftar pemain Timnas Indonesia.

Musim lalu, Stefano Lilipaly memang tampil apik bersama Bali United di BRI Liga 1 2021. Ia menjadi pemain yang nyaris tak tergantikan di Bali United yang diantarnya menjadi juara Liga 1.

Karena itu, Shin Tae-yong tak mau melewatkan Lilipaly ke Timnas Indonesia. Garuda butuh pemain berkualitas untuk bisa tampil oke di FIFA Matchday dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Sekarang saya panggil dan saya ingin melihat performa dia seperti apa, saya ingin melihat seperti apa dia bersama tim yang saya siapkan," ujar Shin Tae-yong.

(aff/bay)