Elkan Baggott Perkuat Timnas Hingga Kualifikasi Piala Asia

Mercy Raya - Sepakbola
Jumat, 27 Mei 2022 15:40 WIB
Perayaan gol Elkan Baggott di Piala AFF 2020.
Elkan Baggott akan memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan Elkan Baggott akan bermain di kualifikasi Piala Asia 2023. Sebelumnya, dia batal membela skuad Garuda di SEA Games 2021.

Elkan Baggott sudah bergabung dalam latihan perdana Timnas Indonesia di Jakarta, Kamis (26/5/2022). Pemain asal klub Inggris, Ipswich Town itu menjadi salah satu pemain yang dipanggil Shin Tae-yong dari total 29 atlet buat agenda FIFA Matchday.

Lawan yang akan dihadapi Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (1/6/2022) adalah Bangladesh. Setelah itu, akan digelar kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait mulai 8-14 Juni.

Kehadiran Elkan Baggott pun disambut positif usai batal tampil di SEA Games. Kala itu, Shin Tae-yong menjelaskan, Elkan tak dapat tampil di SEA Games karena klubnya Ipswich Town masih tetap belum mau melepas pemainnya tersebut.

"Elkan Baggott masih sibuk di Inggris untuk bermain, jadi dia tak bisa bergabung ke Tumnas U-23 sampai akhir SEA Games," kata Shin, dikutip dari media Vietnam Zin News.

Kini menatap FIFA match day, Elkan akhirnya bisa memperkuat Timnas. Bahkan pelatih asal Korea Selatan itu memastikan pemain berdarah Inggris itu akan bertahan dengan Timnas Indonesia hingga 14 Juni mendatang atau kualifikasi Piala Asia beres.

"Elkan akan main terus sampai selesai kualifikasi Piala Asia 2023, karena itu agenda resmi FIFA," kata Shin kepada pewarta.

Meskipun sudah memastikan soal status Elkan, Shin belum memutuskan berap jumlah pemain yang akan dibawa ke Kuwait. "Belum diputuskan berapa yang mau dibawa ke Kuwait, tapi mungkin 26 pemain," sebutnya.

Namun begitu, ia berharap skuadnya dapat tampil maksimal di pertandingan uji coba sebelum laga sebenarnya, kualifikasi Piala Asia, bergulir.

"Untuk masalah menang, pasti harus menang lawan Bangladesh dan memang masih ada yang belum datang, mungkin pemain naturalisasi Sandy (Walsh) dan Jordi (Amat), dan juga Elkan, (Pratama) Arhan, dan di depan (Muhammad) Rafli, (Stefano) Lilipaly, dan Irfan Jaya," kata Shin

"Dengan pemain-pemain ini saya masih mempertimbangkan akan menggunakan formasi seperti apa karena itu uji coba ini akan saya gunakan untuk mencoba formasi apa yang nantinya akan saya gunakan," dia mempertegas.



Simak Video "Tonton Timnas, Iwan Bule Diteriaki Suporter 'Shin Tae-yong Stay!'"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)